Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/849
Title: | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MTs. AL-WASHLIYAH KEDAISIANAM |
Authors: | SURI, AZIMA |
Keywords: | a. Model Mind Mapping b. Aktivitas Belajar c. Hasil Belajar |
Issue Date: | 26-Sep-2017 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 26 PEND.FIS 2017 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada materi kelas IX A MTs Al - Washliyah Kedaisianam dan berjumlah 30 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran siswa fisika pada materi Listrik Statis dan Dinamis melalui pembelajaran dengan menggunakan model Mind Mapping. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi dan teshasilbelajar.Tes pilihan ganda pada siklus I berjumlah 21 item dan siklus II berjumlah26 item yang valid dan dapat diandalkan dari masing-masingsiklus. Kegiatan belajar fisika siswa pada pertemuan pertama mencapai 45,4% dan pada pertemuan kedua mencapai 54,16% dengan persentase aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 49,7%. Sedangkan untuk kegiatan belajar fisika siswa pada pertemuan ketiga adalah 77,5% dan pada pertemuan ke IV adalah 88,3% dengan presentase aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal pada siklus II sebesar 82,4%. Hasil pembelajaran fisika siswa pada siklus I secara klasikal mencapai 57%. Dan kelengkapan pembelajaran fisika siswa pada siklus II secara klasikal meningkat sebesar 30%. Dengan persentase penguasaan hasil belajar fisika siswa pada siklus II sebesar 87%. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa di kelas IX A MTs Al-Washliyah KedaisianamTahunPelajaran 2017-2018. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/849 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.