Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/862
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | DELIATI | - |
dc.date.accessioned | 2022-04-07T08:10:03Z | - |
dc.date.available | 2022-04-07T08:10:03Z | - |
dc.date.issued | 2017-12-23 | - |
dc.identifier.other | 141484158 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/862 | - |
dc.description.abstract | Konformitas terjadi dalam beberapa bentuk dan mempengaruhi aspek-aspek kehidupan remaja. Konformitas muncul ketika individu meniru sikap atau tingkah laku orang lain dikarenakan tekanan yang nyata maupun yang dibayangkan oleh remaja. Konformitas teman sebaya pada remaja dapat menjadi positif atau negatif. Konformitas yang positif pada remaja merupakan keinginan yang terlibat dalam dunia teman sebaya dalam kegiatan yang positif namun lain halnya pada yang negatif akan membuat keterbatasan siswa untuk kreatif melakukan hal-hal baru dan malah memilih melakukan hal-hal negatif. Untuk menyikapi itu, diterapkanlah layanan bimbingan dan konseling untuk mereduksi perilaku konformitas negatif yaitu bimbingan kelompok teknik asertif. Layanan bimbingan kelompok cukup efektif dalam membantu siswa memecahkan masalah-masalah dengan melalui kegiatan kelompok. Masalah yang dihadapi mungkin bersifat kelompok, yaitu yang dirasakan bersama oleh kelompok atau bersifat individual yaitu dirasakan oleh individu sebagai anggota kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII teknik penarikan sampel menggunakan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket dengan model skala Likert. Hasil uji reliabilitas instrumen perilaku konformitas teman sebaya sebesar 0,875. Data penelitian dianalisis menggunakan Product Moment Pearson Correlation. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dengan korelasi yang diperoleh dari tampilan luaran SPSS model summary 20.00 menunjukkan besarnya hasil uji hipotesis diperoleh = 9,347 dan = 1.684 sehingga diperoleh hasil > (9,347 > 1.684) dengan koefisien korelasi -0,294 yang menunjukkan adanya pengaruh yang negatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok teknik asertif dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku konformitas teman sebaya siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 03 Tanjung Sari. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 58 BK 2017 | en_US |
dc.subject | layanan bimbingan kelompok teknik asertif | en_US |
dc.subject | perilaku konformitas teman sebaya. | en_US |
dc.title | PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP PERILAKU KONFORMITAS TEMAN SEBAYA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 03 TANJUNG SARI TA. 2017/2018 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.