Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1223
Title: EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
Authors: FADILLAH, NURUL
Keywords: Efektivitas
Model Pembelajaran Generatif
Kemampuan Pemecahan Masalah
Kemampuan Penalaran Matematis
Issue Date: 16-Jul-2020
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 30 PEND.MM 2020
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui efektivitas model pembelajaran generatif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-experimental menggunakan desain penelitian One GroupPretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Deli Serdang tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas dan dipilih 1 kelas secara acak sebagai sampel penelitian, yaitu kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa metode tes. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu tes diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran pada kelas uji eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial menggunakan uji t satu sampel yang terlebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas. Hasil analisis statistika deskriptif kemampuan pemecahan masalah menunjukkan: (1) Rata-rata hasil belajarposttest siswa sebesar 92 (diatas KKM yakni 80), (2) Hasil posttest menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai yakni sebesar 87,5% mencapai ketuntasan individu (lebih dari 85%) (3) Rata-rata gain ternormalisi sebesar 0,84 (kategori tinggi). Sedangkan pada hasil analisis statistika deskriptif kemampuan penalaran matematis menunjukkan: (1) Rata-rata hasil belajar siswa posttestsebesar 92,08 (diatas KKM yakni 80), (2) Hasil posttest menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai yakni sebesar 95,83% mencapai ketuntasan individu (lebih dari 85%) (3) Rata-rata gain ternormalisi sebesar 0,86 (kategori tinggi). Hasil analisis inferensial kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh t_hitung>t_(tabel )yaitu 9,302>2,069 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penerapan model pembelajaran generatif efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari ketuntasan belajar pemecahan masalah siswa. Sedangkan Hasil analisis inferensial kemampuan penalaran matematis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5 % diperoleht_hitung=11,29 dan t_tabel=2,069 yang berarti t_hitung>t_(tabel )yaitu11,29>2,069sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penerapan model pembelajaran generatif efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari ketuntasan belajar penalaran matematis siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1223
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER27.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PERSETUJUAN.docxLEMBAR PERSETUJUAN378 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI22.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR19.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK17.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I376.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II39.03 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III104.45 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV47.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V24.8 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA19.51 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN441.04 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA.docxBIODATA42.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.