Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3634
Title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) MATERI PECAHAN PADA KELAS IV SD NEGERI 068084 MEDAN DENAI
Authors: Siregar, Devi Wahyuni
191434154
Landong, Ahmad
Keywords: Bahan Ajar
Lembar Kerja Siswa
Realistic Mathematics Education
ADDIE
Issue Date: 26-Oct-2023
Publisher: FKIP UMN Al-WASHLIYAH 36 PGSD 2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk Pengembangan Bahan Ajar menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Pada Kelas IV SD Negeri 068084 Medan Denai berbentuk bahan ajar berbentuk Lembar Kerja Siswa menggunakan Realistic Mathematics Education. Realistic Mathematics Education adalah konsep pembelajaran yang menyajikan suatu materi berupa permasalahan yang harus dipecahkan oleh siswa dengan berdasarkan pemahaman konsep kehidupan siswa sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan pengembangan ADDIE, dengan 5 tahapan pengembangan yaitu : 1) Analisi (analisys); 2) Desiain (design); 3) Pengembangan (development); 4) Implementasi (implementation); dan 5) Evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 068084 Medan Denai tahun ajaran 2022/2023 sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar berupa buku materi pecahan sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mendapat kriteria sangat baik berdasarkan penilaian Validasi bahan ajar menggunakan model RME (Realistic Mathematic Education) berbantuan aplikasi canva yang telah dikembangkan berada di kategori “Sangat Layak” dengan nilai rata-rata 4.5. Validasi media menggunakan model RME (Realistic Mathematic Education) berbantuan aplikasi canva yang telah dikembangkan berada di kategori “Sangat Layak” dengan nilai rata-rata 4, media ini telah memenuhi kriteria kepraktisan bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan yang telah ditetapkan. Pada uji coba ketuntasan klasikal dari kemampuan belajar siswa sebesar 84,67% sebanyak 15 siswa dengan kategori “Sangat Layak. Rata- rata respon siswa pada uji coba adalah 3,85 dengan jumlah siswa 15 orang dengan kategori “Sangat Layak”.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3634
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK623.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I39.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II5.44 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III396.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV320.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V27.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA244.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER68.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI33.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA38.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR135.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN1.01 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN583.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.