Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1027
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSafrida Napitupulu, S.Pd., M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorNINGRUM, AYU-
dc.date.accessioned2022-04-22T06:43:44Z-
dc.date.available2022-04-22T06:43:44Z-
dc.date.issued2021-11-11-
dc.identifier.other171434137-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1027-
dc.description.abstractPemilihan serta penggunaan media pembelajaran yang tepat tentunya memberikan pengaruh terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini berawal dari kenyataan di SD Negeri 101919 Kuala Namu bahwaguru belum menggunakan media pembelajaran yang tepat sebagai alat bantu dalam menjelaskan materi bangun datar, rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, Kesulitan siswa memahami pelajaran matematika, minimnya pemanfaatan media pembelajaran dalam menjelaskan materi mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran geoboard terhadap hasil belajar siswa pada keliling dan luas bangun datar kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif denganjenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control GroupDesign. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri 101919 Kuala Namu dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik simple random sampling ,sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas III A yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III B yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t yang di dahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasilpenelitiandiperolehnilairata-rata prettest untuk kelas eksperimen adalah 64,77dan peret test hasil belajar kelas control adalah 50,05. Kemudian kedua kelas diberikan perlakukan yang berbeda, sehingga diperoleh nilai rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen adalah 85 dan kelas control adalah 75,05. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung> ttabel(2.9 > 2.02).Dapat dilihat bahwa thitung>ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.Maka hasil kesimpulan penelitian ini bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran geoboard lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 72 PGSD 2021en_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Geoboarden_US
dc.subjecthasil belajar matematikaen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS III SDen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER121.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN440.69 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI51.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR131.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK15.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I49.16 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II81.34 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III70.56 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV79.39 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V40.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA43.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN659.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.