Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1027
Title: | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS III SD |
Authors: | Safrida Napitupulu, S.Pd., M.Pd ( PEMBIMBING ) NINGRUM, AYU |
Keywords: | Media Pembelajaran Geoboard hasil belajar matematika |
Issue Date: | 11-Nov-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 72 PGSD 2021 |
Abstract: | Pemilihan serta penggunaan media pembelajaran yang tepat tentunya memberikan pengaruh terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini berawal dari kenyataan di SD Negeri 101919 Kuala Namu bahwaguru belum menggunakan media pembelajaran yang tepat sebagai alat bantu dalam menjelaskan materi bangun datar, rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, Kesulitan siswa memahami pelajaran matematika, minimnya pemanfaatan media pembelajaran dalam menjelaskan materi mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran geoboard terhadap hasil belajar siswa pada keliling dan luas bangun datar kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif denganjenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control GroupDesign. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri 101919 Kuala Namu dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik simple random sampling ,sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas III A yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III B yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t yang di dahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasilpenelitiandiperolehnilairata-rata prettest untuk kelas eksperimen adalah 64,77dan peret test hasil belajar kelas control adalah 50,05. Kemudian kedua kelas diberikan perlakukan yang berbeda, sehingga diperoleh nilai rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen adalah 85 dan kelas control adalah 75,05. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung> ttabel(2.9 > 2.02).Dapat dilihat bahwa thitung>ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.Maka hasil kesimpulan penelitian ini bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran geoboard lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1027 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 121.6 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 440.69 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 51.6 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 131.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 15.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 49.16 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 81.34 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 70.56 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 79.39 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 40.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 43.13 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 659.44 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.