Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1112
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLisa Septia Dewi Br. Ginting, S.Pd., M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorANGGRAINI, CICI-
dc.date.accessioned2022-04-27T07:33:42Z-
dc.date.available2022-04-27T07:33:42Z-
dc.date.issued2021-07-27-
dc.identifier.other171214124-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1112-
dc.description.abstractDi era globalisasi ini sudah banyak terjadi kasus yang menunjukkan sangat buruknya moral generasi muda, yaitu permasalahan pendidikan karakter. Pendidikan karakter sebaiknya diajarkan sejak dari anak mendapatkan pendidikan di sekolah dasar maupun dilingkungan masyarakat. Pendidikan karakter adalah usaha yang terencana untuk membangun karakter individu agar nantinya menjadi pribadi yang bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang banyak. Di dalam flim jembatan pensil banyak sekali sesuiatu yang menggambarkan bagaimana menanamkan nilai pendidikan karakter kepada peserta didik. Fokus yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dan bagaimana implementasi pembelajaran bahasa indonesia pada film jembatan pensil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi, teknik simak dan catat. Sumber data yang digunakan juga terdiri dari sumber data primer yaitu film jembatan pensil, dan sumber data sekunder meliputi buku-buku, internet, maupun sumber data yang lain yang berhubungan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Berdasarkan penelitian yang ditemukan kesimpulan mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dan implementasi pembelajaran bahasa indonesia pada film jembatan pensil yaitu nilai pendidikan karakter dengan tuhan yang maha esa (religius), terdiri dari beriman kepada allah swt, bertakwa kepada allah swt, ikhlas, syukur.sabar. Nilai pendidikan karakter dengan diri sendiri terdiri dari jujur, bertanggung jawab. Nilai pendidikan karakter dengan sesama manusia terdiri dari menghargai prestasi orang lain, tolong menolong, peduli, komunikasi/bersahabat. Nilai pendidikan karakter ddengan lingkungan. Nilai pendidikan karakter dengan kebangsaan terdiri dari nasionalisme (cinta tanah air ), menghargai keberagaman (toleransi). Dan implementasi pembelajaran bahasa indonesia yang ditemukan dalam film jembatan pensil ini bukan hanya tentang menulis, membaca, dan mengarang, tetapi bagaimana peserta didik mempelajari atau pun menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 47 PEND.BIND 2021en_US
dc.subjectnilai pendidikan karakteren_US
dc.subjectimplementasi pembelajaran bahasa indonesiaen_US
dc.subjectfilm jembatan pensilen_US
dc.titleANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM JEMBATAN PENSIL DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PAEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover.docxCOVER112.81 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI16.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
lembar pengesahgan.docxLEMBAR PENGESAHAN546.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I27.16 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II66.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III19.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV37.9 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V18.03 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA16.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN1.94 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.