Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1960
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Drs. Heri Soeprayogi., Msi; Novita Friska., S.Psi., M.Psi ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | ZAHRA, MAGHFIRA TUZZ | - |
dc.date.accessioned | 2022-08-08T08:51:47Z | - |
dc.date.available | 2022-08-08T08:51:47Z | - |
dc.date.issued | 2020-07-06 | - |
dc.identifier.other | 151614087 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1960 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media gambar terhadap perkembangan emosi anak usia 5-6 tahun di RA Darul Ullum Kec. Bandar Kab. Simalungun T.A 2018-2019. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan emosi anak dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini dilatar belakangi karna permasalahan yang sering muncul dilapangan mengenai emosi anak yang belum berkembang sesuai dengan harapan dan guru belum kreatif dalam menggunakan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pos-ttest only control group design. Dimana dalam penelitian eksperimen ini setiap kelas diberikan perlkuan yang berbeda. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (Random sampling) dengan jumlah populasi tiap kelas sebanyak 20 anak. Hasil analisis data menunjukan nilai rata-rata anak kelas eksperimen yang menggunakan media gambar memperoleh nilai 2,63 tergolong dalam kategori berkembang sangat baik (BSB). Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol tanpa menggunakan media gambar memperoleh nilai 1,89 tergolong dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Terlihat bahwa emosi anak pada kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan kelas kontrol. Dari hasil observasi akhir kedua sampel tersebut diperoleh selisih skor sebesar 0,74, maka data hasil observasi yang diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan antara emosi anak kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil data hipotesis tersebut maka diperoleh hasil thitung>ttabel yaitu sebesar 6,47 > 1,705 dengan taraf α= 0,05. Dengan demikian penggunaan media gambar perpengaruh secara signifikan terhadap emosi anak usia 5-6 tahun di RA Darul Ullum Kec. Bandar Kab. Simalungun T.A 2018-2019. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 03 PG-PAUD 2020 | en_US |
dc.subject | Media Gambar | en_US |
dc.subject | Perkembangan Emosi | en_US |
dc.subject | Anak Usia 5-6 Tahun | en_US |
dc.title | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DARUL ULUM KEC. BANDAR KAB. SIMALUNGUN TA 2018/2019 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1 COVER.docx | COVER | 97.75 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
2 HALAMAN PERSETUJUAN.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 15.66 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
4 DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 26.85 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
3 KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 43.95 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
5 ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 21.04 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
6 BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 20.99 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
7 BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 40.42 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
8 BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 48.04 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
9 BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 64.8 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
10 BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 19.23 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
11 DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 18.08 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
12 rppm.docx | LAMPIRAN | 42.4 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
13 RPPH.docx | LAMPIRAN | 38.04 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.