Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1978
Title: | PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN INQUIRY LEARNING PADA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X MA MPI BINJAI SERBANGAN TAHUN AJARAN 2020/2021 |
Authors: | LELISA, RIZKI |
Keywords: | Problem Based Learning Inquiry Learning Hasil Belajar Siswa |
Issue Date: | 14-Oct-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 48 PENDEK 2021 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem Based Learning dengan Inquiry Learning pada pelajaran ekonomi kels x Ma Mpi Binjai Serbangan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian berjenis kuantitatif yang dilaksanakan sebanyak 3 perlakuan. Instrumen pengumpulan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir. Adapun teknik sampling yang digunakan yaitu teknik total Sampling. Dimana seluruh jumlah populasi keseluruhan adalah 35 orang sedangkan yang ditetapkan sampel berjumlah 35 orang sebagai sampel penelitian. Dari uraian yang tertera dalam hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learnin sebesar 77,65 dan menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning sebesar 77,77. Sedangkan hasil perhitungan uji t diperoleh hasil taraf signifikasi dengan a= 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2) = (17 + 18 – 2) = 33, maka diperolehkan hasil t hitung = -0,8 dan t tabel = 1.692di dapat dari tabel distribusi t, dengan thitung > ttabel , dengan demikian hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: “ada perberbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan inquiry learning pada pelajaran ekonomi siswa kelas X MA MPI Binjai Serbangan T.A 2020/2021. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning. (2) Terdapat perbedaan antara Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Inquiry Learning terhadap hasil belajar Siswa. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1978 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1 COVER.docx | COVER | 41.6 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
3 DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 32.67 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
2 KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 60.05 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
4 ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 29.92 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
5 BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 37.5 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
6 BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 60.29 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
7 BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 46.32 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
8 BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 98.74 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
9 BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 32.83 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
10 DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 32.98 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.