Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2010
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDra. Hj.Disna Anum,M.Si; Drs.Samsul Bahri, MPd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorPANE, PEGY PRASTIKA DEVY BR-
dc.date.accessioned2022-09-13T02:21:59Z-
dc.date.available2022-09-13T02:21:59Z-
dc.date.issued2018-01-08-
dc.identifier.other141354009-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2010-
dc.description.abstractSalah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita sekarang adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang ada selama ini ternyata hanya membuat siswa sangat terbebani dengan materi dan tuags yang diberikan oleh guru, sehingga siswa merasa bosan di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) di SMA Negeri 1 Galang, 2) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn, 3) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn siswa kelas X di SMA Negeri 1 Galang. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA negeri 1 Galang dengan jumlah 25 siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada kelas X SMA Negeri 1 Galang sudah baik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 72 % menjadi sebesar 85 % pada siklus II. Peningkatan sebesar 29,4% tersebut sudah menunjukkan ketuntasan belajar yaitu dari siklus I yang hanya 13 siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 23 siswa yang tuntas belajar. Meskipun dalam pelaksanaan tindakan banyak kekurangan dan kelemahan pada siklus I maka peneliti mencoba memperbaiki pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn. Hal ini dapat dilihat dari kedua aspek, yaitu aspek kognitif dan afektif yang meningkat setiap siklusen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 18 PPKN 2018en_US
dc.subjectPenerapan Model STAD dan 1nquirien_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.subjectPPKnen_US
dc.titlePENERAPAN KOLABORASI MODEL STAD DAN INGUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS X SMA NEGERI I MALANGen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover.docxCOVER414.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open
lembar persetujuan.docxLEMBAR PERSETUJUAN13.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI16.1 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR62.32 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK13.27 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I23.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II44.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV59.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V13.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA12.73 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran A.docxLAMPIRAN1.77 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.