Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2010
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Dra. Hj.Disna Anum,M.Si; Drs.Samsul Bahri, MPd ( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | PANE, PEGY PRASTIKA DEVY BR | - |
dc.date.accessioned | 2022-09-13T02:21:59Z | - |
dc.date.available | 2022-09-13T02:21:59Z | - |
dc.date.issued | 2018-01-08 | - |
dc.identifier.other | 141354009 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2010 | - |
dc.description.abstract | Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita sekarang adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang ada selama ini ternyata hanya membuat siswa sangat terbebani dengan materi dan tuags yang diberikan oleh guru, sehingga siswa merasa bosan di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) di SMA Negeri 1 Galang, 2) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn, 3) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn siswa kelas X di SMA Negeri 1 Galang. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA negeri 1 Galang dengan jumlah 25 siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada kelas X SMA Negeri 1 Galang sudah baik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 72 % menjadi sebesar 85 % pada siklus II. Peningkatan sebesar 29,4% tersebut sudah menunjukkan ketuntasan belajar yaitu dari siklus I yang hanya 13 siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 23 siswa yang tuntas belajar. Meskipun dalam pelaksanaan tindakan banyak kekurangan dan kelemahan pada siklus I maka peneliti mencoba memperbaiki pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn. Hal ini dapat dilihat dari kedua aspek, yaitu aspek kognitif dan afektif yang meningkat setiap siklus | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 18 PPKN 2018 | en_US |
dc.subject | Penerapan Model STAD dan 1nquiri | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar Siswa | en_US |
dc.subject | PPKn | en_US |
dc.title | PENERAPAN KOLABORASI MODEL STAD DAN INGUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS X SMA NEGERI I MALANG | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
cover.docx | COVER | 414.49 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
lembar persetujuan.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 13.24 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 16.1 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 62.32 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 13.27 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 23.22 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 44.71 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 59.22 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 13.93 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 12.73 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lampiran A.docx | LAMPIRAN | 1.77 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.