Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2018
Title: UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN CTL DAN RESITASI PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA MADRASAH ALIYAH SWASTA AL WASHLIYAH NAGUR SERDANG BEDAGAI
Authors: Dra. Hj. Disna Anum Siregar ; Drs. Samsul bahri, M.Si ( PEMBIMBING )
MARIADI, DEDY
Keywords: PPKn
Metode Kolaborasi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dan Resitasi
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.
Issue Date: 10-Mar-2017
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 03 PPKN 2017
Abstract: Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui implementasi kolaborasi CTL (Contextual Teaching And Learning) dan Resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn pada siswa kelas X MAS Al-Washliyah Nagur Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2017/ 2018? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Untuk mengetahui apakah melalui kolaborasi CTL ( Contextual Teaching And Learning) dan Resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn pada siswa kelas X MAS Al-Washliyah Nagur Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2017/ 2018. Adapun yang menjadi populasinya adalah siswa kelas X MAS Al-Washliyah Nagur Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2017/ 2018, yang berjumlah 42 siswa.. Maka sampel untuk penelitian ini adalah Siswa kelas X MAS Al-Washliyah Nagur Serdang Bedagai Tahun Pemlajaran 2017/ 2018, yang berjumlah 42 siswa (Sampel total). Dari hasil penelitian, Penerapan Kolaborasi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dan Resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PPKn di kelas X MAS Al-Washliyah Nagur Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2017/2018. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa sebelum dilakukannya Metode Kolaborasi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dan Resitasi rata – rata hasil belajar siswa memperoleh 67,61 telah meningkat menjadi 76,42 pada tahap siklus I dan pada tahap siklus II siswa memperoleh rata – rata hasil belajar sebesar 82,61. Maka dapat diketahui bahwa rata – rata hasil belajar siswa dari tahap siklus I dan tahap siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 6,19. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan Kolaborasi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dan Resitasi mempunyai pengaruh positif meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn Kelas X MAS Al-Washliyah Nagur Serdang Bedagai TP. 2017/ 2018”. Hipotesisnya adalah Metode Penerapan Kolaborasi Pembelajaran CTL ( Contextual Teaching And Learning) dan Resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn pada siswa kelas X MAS Al-Washliyah Nagur Serdang Bedagai Tahun Pelajaran 2017/ 2018”. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MAS al-Washliyah Nagur Serdang Bedagai TP. 2017/ 2018 yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 38 siswa. Maka sampel untuk penelitian ini adalah siswa – siswi kelas X SMA Al-Washliyah Nagur serdang Bedagai TP. 2017/ 2018 yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 38 siswa (Sampel total).
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2018
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover.docxCOVER25.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open
lembar persetujuan.docxLEMBAR PERSETUJUAN12.31 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI14.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR13.81 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK13.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I16.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II22.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III30.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV38.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V13.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA12.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran 1.docxLAMPIRAN47.45 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.