Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2047
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDra. Sukmawarti, M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorNASUTION, NURUL UL HUSNA-
dc.date.accessioned2022-10-18T02:07:26Z-
dc.date.available2022-10-18T02:07:26Z-
dc.date.issued2021-11-04-
dc.identifier.other171434243-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2047-
dc.description.abstractPengembangan bahan ajarmatematika SD bernuansa budaya melayu kelas IV SD dilatarbelakangi oleh belum adanya bahan ajar matematika yang berbasis nilai-nilai budaya melayu untuk mendapat respon positif siswa karena bahan ajar yang dipergunakan masih bersifat secara umum sehingga nuansa kedaerahan jauh dari siswa. Maka, perlu adanya inovasi dalam menanamkan konsep matematika secara nyata melalui gambar-gambar situs atau objek sejarah yang berada disekitar guna memberikan kontribusi terhadap pemahaman siswa dengan bahan ajar berbasis budaya melayu agar bahan ajar matematika lebih menyentuh dengan dunia siswa pada materi geometri khususnya materi bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika bernuansa budaya melayu pada materi geometri pada kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and development (R&D) metode penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, andEvaluation). Penelitian ini pada dasarnya dilakukan melalui lima tahapan utama, yaitu proses tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi(evaluation). Penelitian ini hanya sampai pada tahap development dan tidak sampai tahap evaluation. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan bahan ajar pembelajaran melalui validasi ahli materi, ahli media dan respon guru. Hasil pengembangan didapatkan produk bahan ajar pada pembelajaran matematika materi bangun datar kelas IV SD. Bahan ajar yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan respon guru. Setelah dilakukan proses validasi dari ahli materi, ahli media dan respon guru yang kemudian dilakukan revisi dan menghasilkan produk buku ajar yang layak untuk siswa kelas IV SD. Dengan demikian bahan ajar pembelajaran yang dikembangkan ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 122 PGSD 2021en_US
dc.subjectBahan Ajaren_US
dc.subjectBudaya Melayuen_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SD BERNUANSA BUDAYA MELAYUen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER84.86 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI20.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR34.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK17.73 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I23.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II134.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III69.55 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV4.8 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V21.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA21.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN55.15 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.