Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2265
Title: | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PETUNJUK BAGI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA PINANG KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021-2022 |
Authors: | WAHYUNI, DEWI |
Keywords: | Keterampilan Menulis Petunjuk Pendekatan Kontekstual |
Issue Date: | 7-Jul-2022 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 03 PPS PEND.BIND 2022 |
Abstract: | Berdasarkan hasil observasi dari wawancara dengan guru bahasa dan sastra Indonesia di SMP Negeri 1 Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan, diketahui bahwa kemampuan menulis petunjuk siswa masih perlu ditingkatkan. Hanya 60% siswa yang mampu menulis petunjuk dengan baik dan benar selebihnya masih mengalami kesulitan dalam menulis petunjuk. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Metode penelitian ini merujuk pada model Borg & Gall dengan sedikit penyesuaian sesuai konteks penelitian.Dalam penelitian ini terdapat dua kategori sumber data penelitian. Pertama, sumber data kebutuhan prototipe bahan ajar terdiri atas siswa dan guru. Kedua, sumber data validasi prototipe yang akan menilai prototipe bahan ajarmenulis petunjuk dengan pendekatan kontekstual.Sumber data kebutuhan prototipe bahan ajar dalam penelitian ini ialah siswa dan guru.Sumber data validasi prototypeyang menjadi penilai produk pengembangan penelitian ini ialah guru dan dosen ahli. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai rata-rata yang diberikan oleh tiga orang guru dan dua orang ahli terhadap prototipe bahan ajar menulis petunjuk dengan pendekatan kontekstual, yaitu (1) aspek penyajian materi sebesar 69,79 termasuk dalam kategori baik, (2) aspek isi/materi sebesar 79,17 termasuk dalam kategori baik, dan (3) aspek bahasa dan keterbacaan sebesar 80,42 termasuk dalam kategori baik.Setelah melakukan perbaikan-perbaikan berdasarkan hasil penilaian dan saran oleh guru dan ahli, maka bahan ajar menulis petunjuk dengan pendekatan kontekstual setelah perbaikan berisi materi pengertian menulis petunjuk, ciri-ciri yang perlu diperhatikan dalam menulis petunjuk, langkah-langkah menulis petunjuk, contoh menulis petunjuk, dan kalimat efektif. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2265 |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.