Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2386
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRAHIMI-
dc.date.accessioned2023-01-06T03:30:43Z-
dc.date.available2023-01-06T03:30:43Z-
dc.date.issued2022-07-05-
dc.identifier.other207015017-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2386-
dc.description.abstractPembelajaran menulis kurang mendapat perhatian khusus, padahal kegiatan ini bagian dari aspek keterampilan berbahasa. Oleh karena itu, keterampilan ini perlu diajarkan di sekolah dasar dengan tepat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas penggunaan bahan ajar menulis berbasis model pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara Tahun 2021-2022?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan bahan ajar menulis baerbasis model pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Research & Development). Subjek penelitian terhadap produk pengembangan ini adalah validator. Objek penelitian terhadap penelitian ini adalah bahan ajar menulis berbasis model pembelajaran kolaboratif, yaitu bahan ajar menulis berbasis model pembelajaran kolaboratif yang diimplementasikan pada siswa kelas VII SMP negeri 2 Rantau Utara Tahun pembelajaran 2021-2022. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian menggunakan instrumen nontes dan instrumen tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar menulis berbasis model pembelajaran kolaboratif efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara tahun pembelajaran 2021-2022, dimana sebelum proses pengembangan bahan ajar menulis berbasis model menjadi baik setelah proses pengembangan bahan ajar menulis berbasis model pembelajaran kolaboratif di kelas SMP Negeri 2 Rantau Utara tahun pembelajaran 2021-2022.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 04 PPS PEND.BIND 2022en_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectBahan ajaren_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectMenulisen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RANTAU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2021-2022en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER91.58 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lembar Persetujuan Tesis.docxLEMBAR PERSETUJUAN136.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISII.docxDAFTAR ISI39.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR58.31 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Abstrak Indonesia dan Inggris.docxABSTRAK484.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB 1.docx
  Restricted Access
BAB I42.16 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB 2.docx
  Restricted Access
BAB II125.58 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB 3.docx
  Restricted Access
BAB III78.63 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB 4.docx
  Restricted Access
BAB IV851.4 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB 5.docx
  Restricted Access
BAB V39.18 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA41.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran Tesis Rahimi.docxLAMPIRAN13.12 MBMicrosoft Word XMLView/Open
Biodata Rahimi.docxBIODATA166.01 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.