Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2386
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | RAHIMI | - |
dc.date.accessioned | 2023-01-06T03:30:43Z | - |
dc.date.available | 2023-01-06T03:30:43Z | - |
dc.date.issued | 2022-07-05 | - |
dc.identifier.other | 207015017 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2386 | - |
dc.description.abstract | Pembelajaran menulis kurang mendapat perhatian khusus, padahal kegiatan ini bagian dari aspek keterampilan berbahasa. Oleh karena itu, keterampilan ini perlu diajarkan di sekolah dasar dengan tepat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas penggunaan bahan ajar menulis berbasis model pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara Tahun 2021-2022?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan bahan ajar menulis baerbasis model pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Research & Development). Subjek penelitian terhadap produk pengembangan ini adalah validator. Objek penelitian terhadap penelitian ini adalah bahan ajar menulis berbasis model pembelajaran kolaboratif, yaitu bahan ajar menulis berbasis model pembelajaran kolaboratif yang diimplementasikan pada siswa kelas VII SMP negeri 2 Rantau Utara Tahun pembelajaran 2021-2022. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian menggunakan instrumen nontes dan instrumen tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar menulis berbasis model pembelajaran kolaboratif efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara tahun pembelajaran 2021-2022, dimana sebelum proses pengembangan bahan ajar menulis berbasis model menjadi baik setelah proses pengembangan bahan ajar menulis berbasis model pembelajaran kolaboratif di kelas SMP Negeri 2 Rantau Utara tahun pembelajaran 2021-2022. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 04 PPS PEND.BIND 2022 | en_US |
dc.subject | Pengembangan | en_US |
dc.subject | Bahan ajar | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Menulis | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RANTAU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2021-2022 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 91.58 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lembar Persetujuan Tesis.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 136.68 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISII.docx | DAFTAR ISI | 39.77 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 58.31 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Abstrak Indonesia dan Inggris.docx | ABSTRAK | 484.99 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB 1.docx Restricted Access | BAB I | 42.16 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB 2.docx Restricted Access | BAB II | 125.58 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB 3.docx Restricted Access | BAB III | 78.63 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB 4.docx Restricted Access | BAB IV | 851.4 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB 5.docx Restricted Access | BAB V | 39.18 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 41.33 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lampiran Tesis Rahimi.docx | LAMPIRAN | 13.12 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
Biodata Rahimi.docx | BIODATA | 166.01 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.