Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2702
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSafrida Napitupulu. S.Pd. M.Pd, (Pembimbing)-
dc.contributor.authorSarini-
dc.date.accessioned2023-06-05T08:00:38Z-
dc.date.available2023-06-05T08:00:38Z-
dc.date.issued2022-09-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2702-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal cerita pecahan yang terdapat pada buku teks matematika “Senang Belajar Matematika” yang digunakan pada proses pembelajaran matematika di kelas V SD IT Daarul Istiqlal Marindal I. Analisis dilakukan menggunakan prosesdur Newman yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu membaca soal (Reading), memahami masalah (Comprehension), Transformasi (Transformatiom), keterampilan proses (Process Skill) dan penulisan jawaban (Encoding). Namun pada penelitian ini peneliti hanya melakukan prosedur sampai pada tahap ke-4 dikarenakan penelitian ini hanya berfokus pada analisis buku “Senang Belajar Matematika” yang digunakan pada proses pembelajaran matematika di kelas V SD IT Daarul Istiqlal Marindal I. Dari tahapan-tahapan yang dilakukan menggunakan prosedur Newman, peneliti menemukan beberapa soal yang kurang jelas, baik secara struktur kalimat maupun penyebutan satuan. Dari Hasil wawancara yang dilakukan pada guru kelas V SD IT Daarul Marindal I, diketahui bahwa menurut guru tersebut tampilan buku dan isi sudah baik, materi pembelajaran sudah sesuai dengan pembelajaran anak kelas V pada umumnya, serta kesinambungan antara materi pelajaran dan soal juga sudah saling berkaitan. walau masih ada beberapa soal yang kurang jelas untuk dipahami oleh siswa. Menurut siswa berprestasi di V SD IT Daarul Marindal I, diketahui bahwa buku tersebut dianggap bagus dengan menyajikan gambar yang menarik. Untuk tingkat kesulitan materi, siswa dapat memahami materi terlebih setelah mendapatkan penjelasan dari guru kelasnya. Sedangkan menurut siswa kurang berprestasi buku cukup sulit untuk dimengerti. Untuk tingkat kesulitan soal-soal cerita pecahan yang disajikan buku, siswa mengatakan bahwa ada soal yang yang mudah dan ada juga yang sulit.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 28 PGSD 2023en_US
dc.subject:Soal Ceritaen_US
dc.subjectMateri Pecahanen_US
dc.subjectProsedur Newmanen_US
dc.titleANALISIS SOAL CERITA MATERI PECAHAN DALAM BUKU MATEMATIKA KELAS V SD MENURUT NEWMANen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK390.31 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB 134.2 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB 239.02 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB 343.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docxBAB 4394.02 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB V.docxBAB 523.04 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docxBiodata mahasiswa241.53 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER121.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI28.32 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA25.73 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR632.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN410.95 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN SKRIPSI220.39 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.