Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3199
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNurhayati-
dc.contributor.authorNirmawan (pembibing)-
dc.date.accessioned2023-10-17T09:00:24Z-
dc.date.available2023-10-17T09:00:24Z-
dc.date.issued2023-07-15-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3199-
dc.description.abstractSelama ini siswa menulis cerpen dengan menggunakan metode konvensional atau ceramah yang membuat siswa mudah sekali mengantuk dan bosan untuk belajar maka dengan adanya media blog dapat membantu siswa untuk menulis cerpen dengan cara mengetik di gawai dengan akun pribadi masing-masing yang dapat diakses dan dibaca orang lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media blog memiliki pengaruh positif terhadap menulis teks cerpen pada siswa kelas XI Mas Al-WashliyahTebingTinggiTahun pembelajaran 2022-2023 Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI Mas- WashliyahTebingTinggi yang berjumlah 128 orang siswa.Pengambilan data sampel denganTeknik Purposive Sampling yaitu kelas eksperimen jatuh pada kelas XI Agama dan kelas kontrol.Sampel penelitian berjumlah 32 orang siswa dibagi menjadi dua kelas yaitu 16 orang siswa kelas eksperimen dan 16 siswal agi dikelas kontrol.Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan instrument tes berupa esai membuat cerpen dengan pret test dan post test. Nilai post test pada kelas eksperimen dengan kategori sangat baik 12%, kategori baik sebanyak 75%, kategori cukup 13%, dan kategori kurang dan sangat kurang 0% serta memiliki nilai rata-rata 75.25. Sedangkan poss test pada kelas kontrol kategori sangat baik tidak ada, kategori baik hanya 38%, kategori cukup 38%, kategori kurang 19% dan kategori sangat kurang 5% dengan nilai rata-rata 64,87. Maka dari penjelasan diatas kelas eksperimen yang menggunakan media blog lebih baik dari pada dengan metode konvensional pada kelas kontrol.Dengan nilai 75,25>dari 64,87 sehingga dapat di simpulkan bahwa media blog memiliki pengaruh yang positif terhadap pembelajaran menulis cerpen.en_US
dc.publisherKIP UMN Al-WASHLIYAH 29 PEND. B.IND 2023en_US
dc.subjectMediaen_US
dc.subjectBlogen_US
dc.subjectMenulisen_US
dc.subjectTeksen_US
dc.subjectCerpenen_US
dc.titlePENGARUH MEDIA BLOG TERHADAP KEMAMPUANMENULIS TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS XI MAS AL-WASHLIYAH TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2022-2023en_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK667.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I30.16 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II56.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III47.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV53.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V20.47 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA.docxBIODATA405.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER162.29 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI21.19 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA20.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGETAR57.02 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN13.94 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN361.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.