Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3264
Title: | ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSISDALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI SMA NEGERI 1 PORTIBI |
Authors: | Harahap, Delvia Oktaria (171114061) Zahari, Cut Latifah |
Keywords: | analisis kesalahan prosedur Newman soal cerita minat belajar |
Issue Date: | 16-Nov-2021 |
Publisher: | FKIP UMN AL WASHLIYAH 15 PEND. MM 2023 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita system persamaan linear tiga variabel berdasarkan analisis kesalahan Newman dan minat belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Subjek penelitian diambil 3 siswa dari 33 siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Portibi.Setiap hasil pekerjaan subjek penelitian dianalisis untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan menggunakan metode analisis kesalahan Newman kemudian dilakukan wawancara untuk mendiskripsikan factor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan soal cerita system persamaan linier tiga variabel adalah1) kesalahan membaca soal, meliputi tidak menggerti kata kunci dari soal. 2) kesalahan memahami soal, meliputi tidak menuliskan halapa yang diketahui dan halapa yang ditanya dalam soal, tidak lengkap menuliskan hal yang diketahui dalam soal. 3) kesalahan keterampilan proses, meliputi tidak menyelesikan metode penelitian, tidak menuliskan cara perhitungan yang benar. 4) kesalahan penulisan jawaban akhir, meliputi tidak menuliskan jawaban akhir yang diminta dalam soal. Factor-fsktor penyebab kesalahan siswa adalah tidak terbiasa menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan dan tidak paham dengan metode perhitungan yang digunakan. Dari ke-33 siswa terdapat 33,33% atau 11 siswa berada di kriteria sangat berminat dan 41,84% atau 22 siswa berada di kriteria berminat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini menunjukkan bahwa minat siswa dalam belajar sudah cukup baik, tetapi perlu ditingkatkan lagi |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3264 |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 1.33 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 23.51 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 47.75 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 37.5 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 4.18 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 18.92 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 877 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 25.72 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 23.42 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 18.96 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGETAR | 132.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 1.23 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
TANDA PESETUJUAN SKRIPSI.docx | TANDA PESETUJUAN SKRIPSI | 878.46 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.