Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3548
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnnisa, Nurul-
dc.contributor.author181434094-
dc.contributor.authorNurmairina-
dc.date.accessioned2024-02-13T02:42:17Z-
dc.date.available2024-02-13T02:42:17Z-
dc.date.issued2023-01-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3548-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 4 “Berbagai Pekerjaan”. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 064986 Medan Amplas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 064986 Medan Amplas yang berjumlah 17 orang. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Dari hasil observasi diketahui hanya 5 siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan 12 siswa di bawah KKM. Persentase hasil belajar siswa hanya mencapai 29,91%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama, yaitu 41,17%, persentase hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan kedua, yaitu 47,05%, persentase hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan ketiga, yaitu 52,9%. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 23,04% pada siklus I, yaitu dari 29,41% pada saat observasi menjadi 52,9% pada akhir siklus I. Persentase hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan pertama, yaitu 64,70%, persentase hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan kedua, yaitu 82,35%. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 52,94% pada siklus II, yaitu dari 29,41% pada saat observasi menjadi 82,35% pada akhir siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar tema 4 “Berbagai Pekerjaan” siswa kelas IV SD Negeri 064986 Medan Amplas.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 10 PGSD 2024en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectBerbagai Pekerjaanen_US
dc.subjectKooperatif Tipe Jigsawen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN DIKELAS IV SD NEGERI 064986 MEDAN AMPLASen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK556.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I34.03 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II60.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III44.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV614.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V22.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA371.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER45.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI33.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA25.39 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR392.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN138.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN SKRIPSI345.2 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.