Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3569
Title: | PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MARINDAL 104211 KEC. MEDAN AMPLAS |
Authors: | Gajah, Tenti Armisah 191434153 Dwi, Dara Fitrah |
Keywords: | Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar |
Issue Date: | 14-Sep-2023 |
Publisher: | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 18 PGSD 2024 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui begaimana pengembangan media diorama pada pembelajaran tematik tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV dan Upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar 104211 Marindal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Researche and Development) dengam menggunakan model ADDIE yaitu analisis (Analisys), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah media diorama pada tema (peduli terhadap makhluk hidup) dan Objek pada penelitian ini adalah materi pembelajaran tema (peduli terhadap makhluk hidup) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Data kuantitatif di peroleh dari rumus yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media dan materi. Data yang diperoleh sebagai acuan untuk melakukan revisi pada produk yang dikembangkan. Berdasarkan perhitungan di atas maka hasil penilaian dari ahli materi keseluruhan mencapai instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner. Hasil validasi media diorama pembelajaran tema (pedili terhadap makhluk hidup) adalah validasi ahli media memperoleh 82% dengan kriteria sangat layak digunakan dan layak untuk dikembangkan dalam pembelajaran tema2 peduli terhadap makhluk hidup sub tema 1 dengan sangat layak, validasi ahli materi memperoleh skor 80% dengan kriteria layak digunakan, tanggapan guru memperoleh skor 97% dengan kriteria sangat layak digunakan dan respon siswa memperoleh skor 95% dengan kriteria sangat layak digunakan. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media diorama untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV sekolah dasar. Dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3569 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 217.6 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx | BAB I | 29.96 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB II.docx | BAB II | 55.41 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB III.docx | BAB III | 50.89 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB IV.docx | BAB IV | 18.81 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB V.docx | BAB V | 24.35 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA.docx | BIODATA | 1.01 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 356.38 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 28.94 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 23.22 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 126.54 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 18.39 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 1 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.