Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3664
Title: PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN SELF MANAGEMENT DALAM BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Authors: Marwah, Shofiatul
191414021
Asyah, Nur
Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok
Diskusi
Self Management
Issue Date: 9-Jan-2024
Publisher: FKIP UMN Al washliyah 11 BK 2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan self management dalam belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode Penelitian ini adalah metode eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 1 Perbaungan tahun pembelajaran 2022/2023. Adapun yang menjadi populasi penelitian terdiri dari satu jurusan sebanyak 70 siswa. Teknik Pengambilan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Dengan sampel sebesar 10 orang siswa. Hasil penelitian ini adalah disimpulkan bahwa terjadi peningkatan secara positif pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap Self Management. Hasil penelitian ini diperoleh dengan melakukan pengukuran self management pada siswa dengan menyebarkan angket sebelum pemberian layanan bimbingan kelompok ( Pre-test) dan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok ( Post-test) , jumlah siswa bimbingan kelompok 10 orang. Hasil pemberian pre-test pada bimbingan kelompok diperoleh rata-rata 18,46 sedangkan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi (post-test) diperoleh rata-rata bimbingan kelompok pada siswa ialah 2,262 artinya rata-rata keterampilan sosial siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik Problem Solving lebih tinggi dari pada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok (18,46>2,262). Bedasarkaan hal ini semakin sering dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Diskusi maka akan semakin baik Self management siswa . Maka hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan “Ada pengaruh yang positif antara Pengaruh Layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap peningkatan self management siswa dalam belajar SMK Negeri 1 Perbaungan Tahun Pelajaran 2022/2023.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3664
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK810.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I27.18 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II53.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III36.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV29.71 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V20.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA.docxBIODATA80.64 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER191.65 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI21.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA22.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR71.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN775.15 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN1.59 MBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.