Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3945
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Harahap, Delfi Handriani | - |
dc.contributor.author | 181434067 | - |
dc.contributor.author | Landong, Ahmad | - |
dc.date.accessioned | 2024-07-16T07:49:35Z | - |
dc.date.available | 2024-07-16T07:49:35Z | - |
dc.date.issued | 2023-07-15 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3945 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model problem based learning (pbl) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada Tema cita-citaku Kelas IV MIS ALHUSNA. Metode penelitian yang digunakan adalah enelitian eksperimen. Subjek penelitian yaitu kelas IVA dan kelas IVB sebanyak 51 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, angket dan juga pretes dan post tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan rumus t-tes sampel independen, diperoleh nilai thitung = 3,52 dan nilai ttabel = 1,67. Dengan demikian thitung > ttabel = 3,52 > 1,67, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran tematik tema cita-citaku siswa kelas IV MIS ALHUSNA. Perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen 68,5 dan kelas kontrol 52,4, sehingga dapat dilihat kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran problem based learning (PBL) jauh lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 75 PGSD 2024 | en_US |
dc.subject | Model Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | Kemampuan Berpikir Kritis | en_US |
dc.subject | Penelitian Eksperimen | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA CITA-CITAKU KELAS IV MIS AL-HUSNA MARINDAL | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 1.25 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 32.85 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 56.85 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 38.59 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 48.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 20.01 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 1.42 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 200.68 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 18.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 21.44 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 111.63 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 805.63 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI | 1.06 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.