Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3950
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHasibuan, Hotni Leli Pramita-
dc.contributor.author217115005-
dc.contributor.authorMujib, Abdul-
dc.date.accessioned2024-07-16T08:54:17Z-
dc.date.available2024-07-16T08:54:17Z-
dc.date.issued2023-07-06-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3950-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap, yaitu preliminary investigation, prototyping stage, dan assessment phase. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Sosopan dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Sosopan. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, angket dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (89,77 % untuk RPP dan 87,73% untuk LKPD) dan sangat praktis masing-masing 87% dan 86,85% (untuk RPP dan LKPD kelompok kecil) 88,1% dan 88,02% (untuk RPP dan LKPD kelompok besar). Sedangkan berdasarkan hasil uji soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 81,5% peserta didik memenuhi kriteria keberhasilan tes kemampuan pemecahan masalah matematis > 80%, artinya perangkat pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) sangat efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.en_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Matematika 04 2024 PPS PEND.MMen_US
dc.subjectPerangkat Pembelajaranen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalah Matematisen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 SOSOPANen_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRACT.docxABSTRACT46.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I54.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II82.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III188.5 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docxBAB IV125.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB V.docxBAB V45.7 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA205.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER121.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI54.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA47.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR45.58 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN195.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN231.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.