Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4260
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSapinka, Wanda Viola-
dc.contributor.author201434023-
dc.contributor.authorHasanah-
dc.date.accessioned2024-10-18T04:03:58Z-
dc.date.available2024-10-18T04:03:58Z-
dc.date.issued2024-07-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4260-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kelayakan pada bahan ajar berbasis kearifan lokal provinsi sumatera utara, (2) mengalanalisis kepraktisan bahan ajar berbasis kearifan lokal provinsi sumatera utara pada guru kelas dan (3) menganalisis respon siswa terhdap bahan ajar berbasis kearifan lokal provinsi sumatera utara yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan lima tahap. (1) tahap analysis yaitu analisis kurikulum dan analisis materi, (2) tahap desain yaitu melakukan perancangan produk yang sesuai dengan kebutuhan. (3) tahap development. (4) tahap implementasi, dan (5) tahap evaluasi. penulisan bahan ajar yang sesuai dengan materi. Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli bahan ajar, guru kelas dan siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh melalui uji validasi ahli bahan ajar I yang diperoleh yaitu 88% termasuk kategori “sangat layak/sangat valid”. Sedangkan dari validasi ahli bahan ajar II memperoleh persentase 91% termasuk kategori “sangat layak/sangat valid”. melalui tahap implementasi dilakukannya penilaian terhadap praktisi guru yang memperoleh hasil dari analisis data sebesar 92% termasuk kategori “sangat praktis/sangat layak” dan juga peneliti mendapatkan penilaian yang dilakukan siswa, berdasarkan hasil analisis data respon siswa mendapatkan persentase 91% termasuk kategori “sangat baik” digunakan untuk menambah wawasan informasi siswa mengenai kearifan lokal provinsi sumatera utara, Dengan begitu peserta didik lebih bangga terhadap daerahnya masing-masing dan juga dapat mencaitai tanah airnya.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 130 PGSD 2024en_US
dc.subjectBahan Ajaren_US
dc.subjectBerbasis Kearifan Lokal Provinsi Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPada Materi Keragaman Budayaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PROVINSI SUMATERA UTARA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA UNTUK MENUMBUHKAN RASA CINTA TANAH AIR DI KELAS IV SDen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK1.12 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I141.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II541.8 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III94.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV357.23 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V17.95 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA.docxBIODATA475.73 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER165.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI32.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA32.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR55.76 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN3.9 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN453.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.