Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4309
Title: PENGEMBANGAN MODEL RESPONS ANALISIS DAN MOODY DALAM MENGAPRESIASI CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS IX MTS SWASTA NURUL AMAL KUALA TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024
Authors: Khalimatusakdiah
2270150125
Sutikno
Keywords: Pengembangan
Model Respons Analisis dan Moody
Apresiasi Cerita Pendek
Issue Date: 11-Jun-2025
Publisher: Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 6 2025 PPS PEND.IND
Abstract: Rumusan masalah pada penelitian iniadalah “Bagaimana hasil penerapan eksprimen model respons analisis dan moody (model RAM) dalam mengapresiasi cerita pendek oleh siswa kelas IX-A (kelompok eksperimen) dan kelas IX-B (kelompok kontrol) di MTs Swasta Nurul Amal Kuala Tahun Pembelajaran 2023-2024?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengapresiasi cerita pendek oleh siswa kelas IX-A (kelompok eksperimen) dan kelas IX-B (kelompok kontrol) di MTs Swasta Nurul Amal Kuala Tahun Pembelajaran 2023-2024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang mengutamakan penelaahan terhadap perolehan hasil pembelajaran yang dilihat dari hasil pretes dan postes dan mengesampingkan faktor eksternal yang ada. Penelitian ini mengujicobakan elaborasi model respons-analisis dengan model Moody sebagai0 model eksperimen, sedangkan model kebiasaan guru berperan sebagai model kontrol. Tolak ukur yang dijadikan landasan dalam penentuan hasil penelitian ini adalah perolehan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Swasta Nurul Amal Kuala. Sampel yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas IX-A dan kelas IX-B. Siswa yang diambil dari tiap kelas berjumlah sama, yaitu kelas IX-A berjumlah 36 orang dan kelas IX-B berjumlah 36 orang. Kedua kelas tersebut dibedakan dalam 2 kelompok, yaitu: kelas IX-A masuk kelompok eksperimen dan kelas IX-B masuk dalam kelompok kontrol. Peningkatan skor paling tinggi dari kelompok eksperimen adalah pada unsur karakter yaitu mencapai 2,9, sedangkan peningkatan terendah terjadi pada unsur sudut pandang dan suasana yaitu mencapai 0,4. Peningkatan skor paling tinggi pada kelompok kontrol adalah pada unsur alur yaitu mencapai 1,03, sedangkan peningkatan terendah terjadi pada unsur gaya bahasa yaitu mencapai 0,00. Melihat secara umum, peningkatan skor yang paling tinggi dialami oleh kelompok eksperimen, yaitu mencapai 2,9.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4309
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK2.35 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA1.61 MBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER288.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI232.95 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA230.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGETAR702.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN760.69 kBMicrosoft Word XMLView/Open
SURAT PERNYATAAN.docxSURAT PERNYATAAN.docx720.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN TESIS.docxTANDA PERSETUJUAN TESIS1.58 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I238.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II237.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III273.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV250.47 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docxBAB V229.51 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.