Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4310
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSIREGAR, NURUL ARAFAH-
dc.contributor.author227015032-
dc.date.accessioned2025-01-09T03:13:15Z-
dc.date.available2025-01-09T03:13:15Z-
dc.date.issued2024-07-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4310-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa sosial siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Gendis di Kelurahan Sari Rejo melalui penggunaan cerita jenaka. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengatasi berbagai masalah sosial yang dihadapi oleh anak-anak berusia enam tahun di PAUD tersebut, seperti tidak mengakui kesalahan, kurangnya sifat berbagi, dan kebiasaan mengejek teman.Cerita jenaka dipilih sebagai media pembelajaran karena sifatnya yang menghibur dan mudah dipahami oleh anak-anak, serta mampu menyampaikan pesan moral dan sosial secara efektif.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dalam duasiklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Subjek penelitian ini adalah 15 siswa PAUD Gendis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan cerita jenaka dalam pembelajaran dapat meningkatkan jiwa sosial siswa.Pada siklus pertama, terlihat adanya peningkatan interaksipositifantar siswa, seperti saling membantu dan berbagi.Namun, masih terdapat beberapa siswa yang kurang respon sifter hadapc erita jenaka.Pada siklus kedua, setelahdilakukanperbaikandalamteknikpenyampaianceritadanmelibatkansiswalebihaktif, terjadipeningkatansignifikandalamperilakusosialsiswa.Merekamenjadilebihempatik, memahamipentingnyaberbagi, danmulaimenunjukkansikapsalingmenghargai.Penelitianinimemberikankontribusipentingdalambidangpendidikananakusiadini, khususnyadalamupayapengembanganjiwasosialanakmelalui media cerita. Disarankanbagiparapendidikuntuklebihseringmenggunakanceritajenakadalam proses pembelajaran, tidakhanyasebagaihiburan, tetapijugasebagaialatuntukmembentukkarakterdan moral anaksejakdinien_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 7 2025 PPS PEND.INDen_US
dc.subjectPAUDen_US
dc.subjectjiwa sosialen_US
dc.subjectcerita jenakaen_US
dc.subjectpembelajaran berbasis ceritaen_US
dc.titlePENINGKATAN JIWA SOSIAL SISWA PAUD GENDIS KELURAHANSARI REJO MEDAN POLONIA MELALUI CERITAen_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK592.64 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA452.1 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER335.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI266.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA243.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGETAR416.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN1.97 MBMicrosoft Word XMLView/Open
SURAT PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT.docxSURAT PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT471.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN TESIS.docxTANDA PERSETUJUAN TESIS457.33 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I245.52 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II302.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III247.02 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV291.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docxBAB V238.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.