Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/444
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SARI, RIKA KURNIA | - |
dc.date.accessioned | 2022-01-28T02:16:58Z | - |
dc.date.available | 2022-01-28T02:16:58Z | - |
dc.date.issued | 2021-07-06 | - |
dc.identifier.other | 171114075 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/444 | - |
dc.description.abstract | Kemampuan literasi matematis adalah kemampuan seseorang untuk dapat merumuskan, menggunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks permasalahan di kehidupan sehari-hari secara tepat. Kemampuan literasi matematis sangat penting untuk ditingkatkan, karena siswa yang memiliki kemampuan literasi matematis yang tinggi akan lebih terampil dalam memecahkan berbagai permasalahan, terutama permasalahan yang berkaitan dengan dunia nyata. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan (research and development) yang mengacu pada model ADDIE yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) dengan strategi heuristic yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa di kelas IX-1 SMP Negeri 1 Pegajahan tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 orang siswa..Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validasi, angket dan tes kemampuan literasi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS berbasis masalah dengan strategi heuristic pada materi bangun ruang sisi lengkung valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung.Berdasarkan penialaian dari validator LKS berbasis masalah dengan strategi heuristic memperoleh skor 251 dan termasuk kategori “valid”.Penilaian guru terhadap LKS memperoleh skor 38 dengan kategori “sangat praktis” untuk digunakan.Sedangkan berdasarkan respon siswa LKS memperoleh persentase 80,25% dengan kategori “kuat” yang berarti juga praktis untuk digunakan. Hasil belajar siswa pada tahap akhir pembelajaran mencapai 86,66%, sehingga dapat disimpulkan LKS ini efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 20 PEND.MM 2021 | en_US |
dc.subject | Lembar Kerja Siswa (LKS) | en_US |
dc.subject | Strategi Heuristic | en_US |
dc.subject | kemampuan literasi matematis | en_US |
dc.title | Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah Dengan Strategi Heuristic Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Kelas IX SMP Negeri 1 Pegajahan Tahun Pelajaran 2020/2021 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1 COVER.docx | COVER | 168.2 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
2 TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 16.81 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
5 DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 15.05 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
4 KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 59.81 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
3 ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 12.82 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
6 BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 107.05 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
7 BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 34.15 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
8 BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 49.68 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
9 BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 807.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
10 BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 11.22 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
11 DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 15.26 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
13 LAMPIRAN RIKA KURNIA SARI.docx | LAMPIRAN | 1.82 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
12 BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA | 18.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.