Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/444
Title: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah Dengan Strategi Heuristic Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Kelas IX SMP Negeri 1 Pegajahan Tahun Pelajaran 2020/2021
Authors: SARI, RIKA KURNIA
Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS)
Strategi Heuristic
kemampuan literasi matematis
Issue Date: 6-Jul-2021
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 20 PEND.MM 2021
Abstract: Kemampuan literasi matematis adalah kemampuan seseorang untuk dapat merumuskan, menggunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks permasalahan di kehidupan sehari-hari secara tepat. Kemampuan literasi matematis sangat penting untuk ditingkatkan, karena siswa yang memiliki kemampuan literasi matematis yang tinggi akan lebih terampil dalam memecahkan berbagai permasalahan, terutama permasalahan yang berkaitan dengan dunia nyata. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan (research and development) yang mengacu pada model ADDIE yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) dengan strategi heuristic yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa di kelas IX-1 SMP Negeri 1 Pegajahan tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 orang siswa..Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validasi, angket dan tes kemampuan literasi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS berbasis masalah dengan strategi heuristic pada materi bangun ruang sisi lengkung valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung.Berdasarkan penialaian dari validator LKS berbasis masalah dengan strategi heuristic memperoleh skor 251 dan termasuk kategori “valid”.Penilaian guru terhadap LKS memperoleh skor 38 dengan kategori “sangat praktis” untuk digunakan.Sedangkan berdasarkan respon siswa LKS memperoleh persentase 80,25% dengan kategori “kuat” yang berarti juga praktis untuk digunakan. Hasil belajar siswa pada tahap akhir pembelajaran mencapai 86,66%, sehingga dapat disimpulkan LKS ini efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/444
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1 COVER.docxCOVER168.2 kBMicrosoft Word XMLView/Open
2 TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxLEMBAR PERSETUJUAN16.81 kBMicrosoft Word XMLView/Open
5 DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI15.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open
4 KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR59.81 kBMicrosoft Word XMLView/Open
3 ABSTRAK.docxABSTRAK12.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open
6 BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I107.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
7 BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II34.15 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
8 BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III49.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
9 BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV807.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
10 BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V11.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
11 DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA15.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open
13 LAMPIRAN RIKA KURNIA SARI.docxLAMPIRAN1.82 MBMicrosoft Word XMLView/Open
12 BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA18.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.