Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/451
Title: | Pengaruh Strategi Genius Learning Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Di MA Al Washliyah 20 Simpang Empat T.P 2020/2021 |
Authors: | RAMATIA, DESVI |
Keywords: | Hasil Belajar Matematika Strategi Genius Learning Mind Mapping |
Issue Date: | 6-Jul-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 27 PEND.MM 2021 |
Abstract: | Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat besarnya hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Genius Learning berbantuan mind mapping dan pembelajaran konvensional di kelas X MA Al Washliyah 20 Simpang Empat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al Washliyah 20 Simpang Empat tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 2 kelas.Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 orang dan X IPA2 sebagai kelas kontrol sebanyak 32 orang. Kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran Genius Learning dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan soal essay sebanyak 5 soal.Validitas dengan r tabel= 0,444 diperoleh bahwa soal tersebut valid dari 10 soal. Hasil uji reliabilitas pada soal yang diberikan dinyatakan memiliki interpretasi reliabilitas tinggi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Genius Learning berbantuan mind mapping lebih tinggi dari pada media pembelajaran konvensional pada materi trigonometri. Hal ini dibuktikan secara statistk dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh〖 t〗_hitung = 2,95 dant_tabel = 2,000 berartit_hitung>t_tabel yaitu 2,95 > 2,000 yang menyimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima yang berarti hasilbelajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Genius Learning berbantuan mind mapping lebih tinggi dari pada yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi trigonometri. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/451 |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
cover.docx | COVER | 43.31 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
daftar isi.docx | DAFTAR ISI | 26.35 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
kata pengantar.docx | KATA PENGANTAR | 79.51 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
abstrak.docx | ABSTRAK | 33.54 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
bab 1.docx Restricted Access | BAB I | 35 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
bab 2.docx Restricted Access | BAB II | 59.91 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
bab 3.docx Restricted Access | BAB III | 86.35 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
bab 4.docx Restricted Access | BAB IV | 66.53 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
bab 5.docx Restricted Access | BAB V | 29.03 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
daftar pustaka.docx | DAFTAR PUSTAKA | 29.87 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
lampiran.docx | LAMPIRAN | 4.79 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.