Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4632
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSEKAR SARI, DEWI-
dc.contributor.author191434173-
dc.contributor.authorHasanah-
dc.date.accessioned2025-05-15T04:45:45Z-
dc.date.available2025-05-15T04:45:45Z-
dc.date.issued2023-09-05-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4632-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui cara pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Kooperatif tipe Jigsaw pada Pembelajaran Tematik Tema Benda-benda di Sekitar Kita yang baik untuk peserta didik kelas V SD; 2) Mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta DidikberbasisModelKooperatiftipeJigsawpadapembelajarantematiktema benda-benda disekitar kita yang layak digunakan peserta didik kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan, yaitu model4-D.Modeliniterdiridari4tahappengembanganyaitu: Define(Pendefisian),Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate(Penyebaran). Subjek yang terlibat yaitu, satu orang ahli meteri, satu orang ahli media, satu orang ahli bahasa, guru wali kelas V, dan peserta didik kelas VSDNNo.105375Sukasari.Paraahlimemberikanpenilaianpadakelayakan produk yang dikembangkan oleh peneliti, sedangkan guru wali kelas dan peserta didik memberikan repon terhadap produk yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil penelitian ini adalah : 1) menghasilkan sebuah produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Kooperatif tipe Jigsaw pada Pembelajaran Tematik Tema Benda-benda di Sekitar Kita yang baik; 2) Produk yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan di kelas V SD, berdasarkan hasil validasi ahli materi yaitu 92,72% dengan kategori sangat valid, hasil validasi oleh ahli media yaitu 81,81% dengan kategori valid, hasil validasi ahli bahasa yaitu 85% dengan kategori valid, hasil dari respon guru yaitu85,33%dengan kategorisangatvalid,danhasildariresponpesertadidik yaitu 87,27% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan Hasil Validasi dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis model Kooperatif tipe Jigsaw layak digunakan pada pembelajaran tematik tema benda-benda di sekitar kita di kelas V SD.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 70 PGSD 2025en_US
dc.subjectLembar Kerja Peserta Didiken_US
dc.subjectModel Kooperatifen_US
dc.subjectJigsawen_US
dc.titlePENGEMBANGANLEMBARKERJAPERSERTADIDIK BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADAPEMBELAJARANTEMATIKTEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA DIKELASVSDen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
191434173_File1.docx191434173_File1449.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open
191434173_File2.docx191434173_File2541.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open
191434173_File3.docx191434173_File3128.23 kBMicrosoft Word XMLView/Open
191434173_File9.docx
  Restricted Access
191434173_File97.16 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
191434173_Fulltext.doc
  Restricted Access
191434173_Fulltext88.25 MBMicrosoft WordView/Open Request a copy
191434173_File4.docxBAB1105.85 kBMicrosoft Word XMLView/Open
191434173_File5.docxBAB 2212.27 kBMicrosoft Word XMLView/Open
191434173_File6.docxBAB 3143.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open
191434173_File7.docx
  Restricted Access
BAB 4890.22 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
191434173_File8.docxBAB 596.85 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.