Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4651
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBERUTU, ALYA FAHIRA-
dc.contributor.author201114014-
dc.contributor.authorWardani, Hizmi-
dc.date.accessioned2025-05-21T08:27:28Z-
dc.date.available2025-05-21T08:27:28Z-
dc.date.issued2024-07-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4651-
dc.description.abstractPenelitian inibertujuanuntukmengidentifikasi: jenis-jeniskesulitan yang dihadapipesertadidikdalammenyelesaikansoalbangundatarsegiempatdanmengidentifikasifaktor-faktor yang menyebabkankesulitantersebut. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdeskriptifdenganmetodepenelitianlapangan.Teknikpengumpulan data yang digunakanmeliputiobservasi, tes, angket, danwawancara.Observasidilakukanuntukmengamatilangsung proses pembelajarandankesulitan yang munculsaatpesertadidikmenyelesaikansoalbangundatarsegiempat. Tesdirancanguntukmendiagnosiskesulitanbelajarpesertadidikdalammenyelesaikansoalmatematikaterkaitbangundatarsegiempat, sedangkanangketdigunakanuntukmemperoleh data yang relevanterkaitdengankesulitanpesertadidik, Wawancaradilakukansetelahmemeriksadanmempelajarilembarjawabanpesertadidikuntukmendapatkaninformasilebihmendalammengenaifaktor-faktor yang menyebabkankesulitan. Subjekpenelitianiniadalahpesertadidikkelas VII-B MTs Al-Manar Medan Johor.Berdasarkanhasilpenelitianmenunjukkanbahwapesertadidikmenghadapiberbagaiindikatorkesulitandalammenyelesaikansoalbangundatarsegiempat. Kesulitantersebutmeliputi:1) Menafsirkan kata-kata dansimbolmatematikasebesar 66,67%, 2) Mmengerjakansoalkarenabahanpelajaranbelumdikuasaisebesar 66,67%, 3) Menuliskaninformasi yang diketahuidanditanya 69,33%, 4) Menentukanrumus yang tepat 65,33%, 5) Menggunakanoperasihitung yang benar 68%, dan6) memberikankesimpulandaripenyelesaiansoal 68,66%. Secarakeseluruhan rata-rata persentasekesulitanbelajarpesertadidikadalah 67,45%, yang menunjukkantingkatkesulitan yang cukuptinggidalammenyelesaikansoalbangundatarsegiempat.Faktor yang mempengaruhikesulitanbelajartersebutantaralainadalahmotivasi yang rendah, baikdarikeluarga, sekolah, maupunlingkungan. Rendahnyamotivasiinidapatberdampakpadakurangnyaperhatiandanminatpesertadidikdalambelajar, yang kemudianberkontribusipadakesulitanmerekadalammemahamidanmenyelesaikansoalmatematika.en_US
dc.publisherFKIP UMN AL WASHLIYAH 9 PEND. MM 2025en_US
dc.subjectKesulitan Belajaren_US
dc.subjectMenyelesaikan Soal Matematikaen_US
dc.titleANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS VII MTsen_US
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
201114014_File1.docx201114014_File1263.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201114014_File2.docx201114014_File2340.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201114014_File3.docx201114014_File3308.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201114014_File9.docx
  Restricted Access
201114014_File95.16 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
201114014_Fulltext.docx
  Restricted Access
201114014_Fulltext4.54 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
201114014_File4.docxBAB 154.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201114014_File5.docxBAB 296.44 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201114014_File6.docxBAB 384.19 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201114014_File7.docx
  Restricted Access
BAB 4296.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
201114014_File8.docxBAB 549 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.