Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4758
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKHADIJAH, SITI-
dc.contributor.author201114005-
dc.contributor.authorKhayroiyah, Siti-
dc.date.accessioned2025-07-07T08:31:27Z-
dc.date.available2025-07-07T08:31:27Z-
dc.date.issued2024-07-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4758-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Kahoot terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsS Kesuma LKMD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen (39 siswa) dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol (42 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Data dianalisis menggunakan uji-t dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Kahoot dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata motivasi belajar siswa sebelum menggunakan model PBL berbantuan aplikasi Kahoot adalah 74,82%, dan setelah menggunakan model tersebut meningkat menjadi 90,08%. Peningkatan motivasi belajar sebesar 0,61% termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan aplikasi Kahoot efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di MTsS Kesuma LKMDen_US
dc.publisherFKIP UMN AL WASHLIYAH 16 PEND. MM 2025en_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectKahooten_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.titleEFEKTIVITAS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PBL BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT DI MTSS KESUMA LKMDen_US
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
201114005_FileFulltext.docx
  Restricted Access
201114005_FileFulltext12.49 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
201114005_File1.docx201114005_File1.docx368.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201114005_File2.docx201114005_File2.docx808.39 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201114005_File3.docx201114005_File3.docx684.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201114005_File9.docx
  Restricted Access
201114005_File9.docx8.93 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
201114005_File4.docxBAB I223.46 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201114005_File5.docxBAB II538.45 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201114005_File6.docxBAB III238.76 kBMicrosoft Word XMLView/Open
201114005_File7.docx
  Restricted Access
BAB IV1.77 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
201114005_File8.docxBAB V198.82 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.