Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4794
Title: | PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK ANAK USIA DINI DI PAUD NURUL IMAN KEC. PATUMBAK |
Authors: | VIANA, DEVI LOLA 201424001 Harahap, Juli Yanti |
Keywords: | Pengembangan Media Pop Up Book Anak Usia Dini |
Issue Date: | 23-Jan-2025 |
Publisher: | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 13 PG-PAUD 2025 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang dapat menggali kemampuan Bahasa anak mengembangkan komunikasi berbahasa dengan cara yang kreatif dan efektif. Selain itu, tujuan penelitian ini juga meliputi pengembangan kemampuan bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini, seperti penggunaan kalimat-kalimat sederhana. Jenis penelitian ini adalah pengembangan, Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak usia dini yang berjumlah 20 serta dengan 1 guru. validator materi dan validator media, ahli Pembelajaran untuk mengetahui respon guru terhadap kelayakan media Pop Up Book yang dikembangkan. Objek dalam penelitian ini adalah Media Pop Up Book Untuk Anak Usia Dini. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pengembangan media yang peneliti lakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pengembangan media pop up book ini adalah menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu terdiri dari 5 Tahap yaitu: 1) Analisis (analysis), pada tahap ini peneliti menganalisis 3 tahap yaitu analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis materi. 2) Perancangan (design), pada tahap ini peneliti merancang sebuah media pop up book yang dilengkapi dengan buku panduan. 3) Pengembangan (development), pada tahap ini dilakukan uji produk kepada Validator ahli materi yaitu Ibu Dr. Arie Dwi Ningsih, M. Pd dan Validator ahli media yaitu ibu Alsha Audhifah Rangkuti, S. Pd agar menilai media pop up book. 4) Implementasi (implementation), pada tahap ini peneliti menerapkan uji sampel disekolah Paud Nurul Iman kepada 20 anak usia dini dikelas mawar dan penelitian ini dilakukan 4 kali pertemuan pada tanggal 11, 12, 20. dan 21 November 2024. Dan 5) Evaluasi (evaluation) pada tahap ini peneliti sudah melakukan uji coba di Paud Nurul Iman dan sudah mendapatkan respon dan antusias yang baik. Media pop up book yang sudah dilengkapi dengan buku panduan penggunaan sudah dinyatakan dengan kriteria “Sangat Layak” dengan skor penilaian validasi materi 92 % dan skor penilaian validasi media 93%. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan 1 guru kelas mawar di Paud Nurul Iman dengan 20 anak usia dini bahwa setelah ujicoba media pop up book tersebut dinyatakan “Sangat Layak” karena dapat memudahkan dan membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran mengenai kemampuan bahasa kepada anak usia dini disekolah. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4794 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
201424001_File1.docx | 201424001_File1 | 260.71 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201424001_File2.docx | 201424001_File2 | 570.08 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201424001_File3.docx | 201424001_File3 | 198.76 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201424001_File9.docx Restricted Access | 201424001_File9 | 7.15 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
201424001_Fulltext.docx Restricted Access | 201424001_Fulltext | 9.78 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
201424001_File4.docx | BAB I | 192.23 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201424001_File5.docx | BAB II | 585.65 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201424001_File6.docx | BAB III | 555.15 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
201424001_File7.docx Restricted Access | BAB IV | 2.04 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
201424001_File8.docx | BAB V | 188.55 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.