Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/499
Title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SWASTA AL-WASHLIYAH 1 MEDAN T.A. 2020/2021
Authors: HARAHAP, RILA REVIKA
Keywords: Hasil Belajar
Google Classroom
WhatsApp
Issue Date: 6-Jul-2021
Publisher: UMN AL-WASHLIYAH 37 PENDEK 2021
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media online berbasis google classroom dan whatsapp pada mata pelajaran ekonomi dimasa pandemi covid-19 di kelas X SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan yang berjumlah 69 orang. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan angket. Untuk menganalisis dalam penelitian ini digunakan analisis uji beda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 21.0 Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji t menunjukkan bahwa Penggunaan Google Classroom menunjukkan nilai thitung =-1,487, dan nilai ini lebih kecil dari t tabel, t table dapat dilihat dari tabel t yang tersedia pada lampiran , yaitu t table untuk responden sebanyak 54 orang kem.udian nilai thitung =-1,487<ttabel = 1,67 dengan nilai signifikansi sebesar =0,143> 0.05 dengan demikian berarti Penggunaan Google Classroom tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhad¬ap hasil belajar yang berarti Hipotesis ditolak. Dengan demikian disimpulkan Penggunaan Google Classroom tidak berpengaruh terhadap Hasil Belajar siswa. Sedangkan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumu suji t menunjukkan Penggunaan Whatsapp menunjukkan nilai thitung =8,161, dan nilai ini lebih besar dari t tabel, t table dapat dilihat dari tabel t yang tersedia pada lampiran , yaitu t table untuk responden sebanyak 54 orang kemudian nilai thitung =8,161>ttabel = 1,67 dengan nilai signifikansi sebesar =0,000>0.05 dengan demikian Penggunaan Whatsap pmemiliki pengaruh yang signifikan terhad¬ap hasil belajar yang berarti Hipotesis diterima. Dengan demikian disimpulkan Penggunaan whatsapp berpengaruh terhadap Hasil Belajar siswaDari data analisis oleh penulis dapat disimpulkan penggunaan Google Classroom tidak memiliki pengaruh terhadap Hasil Belajar siswa di Kelas X SMA Al - Washliyah 1 T.A 2020/2021,dan penggunaan Whatsapp memiliki pengaruh terhadap Hasil Belajar siswa di Kelas X SMA Al - Washliyah 1 T.A 2020/2021.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/499
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1. COVER.docxCOVER31.2 kBMicrosoft Word XMLView/Open
2. TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docLEMBAR PERSETUJUAN67 kBMicrosoft WordView/Open
5. DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI26.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open
4. KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR55.18 kBMicrosoft Word XMLView/Open
3, ABSTRAK.docxABSTRAK19.2 kBMicrosoft Word XMLView/Open
6. BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I30.53 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
7. BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II447.61 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
8. BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III45.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
9. BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV120.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
10. BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V41.73 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
11. DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA36.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open
12. LAMPIRAN.docxLAMPIRAN458.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open
13. BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA39.65 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.