Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/728
Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP AL WASHLIYAH 4 MEDAN T.A 2018/2019 |
Authors: | NURHAFNI, RAJA |
Issue Date: | 4-Jul-2019 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 72 PEND.MM 2019 |
Abstract: | Motivasi belajar merupakan proses yang memberi semangat belajar, dan kegigihan perilaku. Motivasi belajar siswa sangat rendah terutama belajar matematika. Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan siswa dalam memahami masalah. Meskipun soal berhubungan dengan kehidupan sehari-hari tetapi banyak siswa yang belum mampu menyelesaikan soal tersebut. Pada latar belakang menunjukkan bahwa motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Sehingga peneliti terinspirasi untuk mengganti model pembelajaran menggunakan model Problem based learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah terdapat pengaruh model Problem based learning terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa? Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis penelitiannya quasi eksperimen dengan model penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Sampel penelitian sebanyak dua kelas dengan teknik simple random sampling. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar berupa angket, sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah menggunakan tes berbentuk uraian. Hasil analisis data pada pretest kelas eksperimen diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 72,56 , kemampuan pemecahan masalah sebesar 39,73. Dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata motivasi belajar sebesar 68,72, kemampuan pemecahan masalah sebesar 38,12. Sedangkan data posttest kelas eksperimen diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 84,44, kemampuan pemecahan masalah sebesar 73,08. Dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata motivasi belajar sebesar 74,44, kemampuan pemecahan masalah sebesar 67,2. Berdasarkan uji yang dilakukan, untuk motivasi belajar diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu 8,26 > 2,012, dan untuk kemampuan pemecahan masalah diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu 2,782 > 2,012. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Al-Washliyah 4 Medan. Sejalan dengan kesimpulan tersebut peneliti menyarankan kepada guru matematika agar menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/728 |
Appears in Collections: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER SKRIPSI.docx | COVER | 90.62 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 15.39 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 19.51 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Kata Pengantar Skripsi.docx | KATA PENGANTAR | 42.07 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 17 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 23.09 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 38.46 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 58.84 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 698.07 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 17.16 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
Daftar pustaka.docx | DAFTAR PUSTAKA | 18.27 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN I.docx | LAMPIRAN | 23.79 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN J.2.docx | LAMPIRAN | 17.03 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN K.docx | LAMPIRAN | 20.36 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN L.docx | LAMPIRAN | 20.36 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.