Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2400
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Nurmairina, S.Pd.I., M.Pd ?( PEMBIMBING ) | - |
dc.contributor.author | AGUSTINA, NADYA | - |
dc.date.accessioned | 2023-03-09T06:29:12Z | - |
dc.date.available | 2023-03-09T06:29:12Z | - |
dc.date.issued | 2022-12-22 | - |
dc.identifier.other | 181434082 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2400 | - |
dc.description.abstract | Hasil belajar siswa yang menurun menunjukkan terjadinya kesulitan dalam belajarnya.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa di kelas VI, tingkat kesulitan belajar matematika siswa, serta mengetahui penyebab terjadinya kesulitan belajar matematika siswa di kelas VI SD Negeri 101944 Deli Muda. Desain penelitian ini yaitu analisis deskriptif, dimana penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif.tingkat kesulitan belajar siswa khususnya pada pembelajaran matematika di kelas VI berjumlah 63,1% yang teridentifikasi mengalami kesulitan belajar dikelas, atau dengan kata lain terdapat 12 dari 19 siswa/I yang mengalami kesulitan belajar dengan jenis kesulitan belajar matematika (Diskalkulia) yang meliputi kesulitan dalam memahami konsep berhitung dalam materi penjumlahan bilangan bulat, operasi hitung campuran, serta memahami cara menyelesaikan persoalan pada materi pemecahan masalah luas dan keliling pada bangun datar dan bangun ruang. Terdapat 5,2% pada tingkat kesulitan dengan jenis kesulitan membaca atau (Disleksia) atau dengan kata lain terdapat 1 siswa yang mengalami kekeliruan saat membaca soal. Pada tingkat kesulitan dengan jenis kesulitanbelajar menulis (Disgrafia) adalah 0%, karena tidak terdapat siswa/I dikelas VI yang mengalami kesulitan dalam menulisnya.Ada beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika itu terjadi, yaitu faktor internal yang terjadi dari dalam diri siswa, yang meliputi minat dan motivasi belajar siswa, kebiasaan dalam belajar, dan kondisi kesehatan tubuh siswa. Sedangkan faktor eksternal yang terjadi dari luar diri siswa, yang meliputi kondisi lingkungan, hubungan guru dan siswa, dan media/alat peraga pembelajaran. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 46 PGSD 2022 | en_US |
dc.subject | Kesulitan Belajar | en_US |
dc.subject | Matematika | en_US |
dc.title | ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VI SD NEGERI 101944 DELI MUDA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER.docx | COVER | 25.94 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 169.98 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 17.37 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 218.96 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 251.77 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 20.91 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 58.32 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 67.6 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 14.28 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 21.09 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 23.12 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 636.38 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA | 355.79 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.