Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1036
Title: | PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TAERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 157641 MASNAULI 2 |
Authors: | Sujarwo, S.Pd., M.Pd ( PEMBIMBING ) NURJANAH, IKE |
Keywords: | Bimbingan Orang Tua Hasil Belajar Sekolah Dasar |
Issue Date: | 4-Nov-2021 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 81 PGSD 2021 |
Abstract: | Bimbingan orang tua merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh anak dalam proses belajar anak. Bimbingan orang tua memiliki kaitan dengan hasil belajar anak, hal ini dikarenakan seorang yang dibimbing dengan baik oleh orang tuanya akan mendapatkan hasil belajar yang baikdaripadasiswayang dibimbing orang tuanya. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah ada hubungan antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V SDNegeri 157641 Masnauli 2.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 157641 Masnauli 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan analisis datakuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 157641 Masnauli 2, dengan sampel penelitian siswa kelas V sebanyak 124 orang. Data penelitian mengenai bimbingan orang tua diperoleh melalui penyebaran angket,dan data hasil belajar diperoleh dari ulangan harian siswa pada mata pelajaran Tematik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang dilakukan dengan keofisien korelasi menggunakan rumus korelasi product moment. Penafsiran besaran nilai koefisien korelasi dilakukan untuk melihat kuat atau tidaknya korelasi yang terjadi. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α =5% dengan ketentuan jika t hitung>t tabel, maka hipotesis penelitian dapat diterima. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisen korelasi rxy = 0.786, angka ini menunjukan tingkat korelasi positif yang kuat antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar siswa. Sementara itu dari pengujian hipotesis dengan uji-t diketahuibahwa t hitung (8,70) > t tabel (1,980) sehingga hipotesis penelitian dapat diterima dan terbukti. Kontribusi pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil belajar sebanyak 61,7%. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan antara bimbingan orang tua siswa dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 157641 Masnauli 2. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya membangun hubungan yang baik antara orang tua dan pihak sekolah. Karena dengan hubungan yang baik antara sekolah dan orang tuadapat memudahkan dalam menghadapi anak dirumah. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1036 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1.COVER.docx | COVER | 48.64 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
2.TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 193.19 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
5.DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 18.53 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
4.KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 155.18 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
3.ABSTRAK IKE NURJANAH - ike nurjanah678 (1).docx | ABSTRAK | 21.73 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
6.BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 22.38 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
7.BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 76.27 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
8.BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 52.88 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
9.BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 40.15 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
10.BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 24.74 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
11.DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 27.56 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
12.LAMPIRAN.docx | LAMPIRAN | 2.87 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
13.BIODATA IKE NURJANAH.docx | BIODATA | 219.92 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.