Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1838
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | WINARSIH, RINA | - |
dc.date.accessioned | 2022-07-27T08:18:31Z | - |
dc.date.available | 2022-07-27T08:18:31Z | - |
dc.date.issued | 2017-12-19 | - |
dc.identifier.other | 151484103 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1838 | - |
dc.description.abstract | Kemandirian siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar dan mengerjakan tugas sekolah merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena dalam proses belajar dan mengerjakan tugas-tugas dalam sekolah yang diberikan oleh guru kepada siswa membutuhkan kemandirian yang tinggi demi keberhasilan siswa. Jika kemadirian siswa itu rendah maka akan memberikan dampak negatif bagi kualitas belajarnya. Untuk menyikapi itu diterapkanlah layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kemadirian siswa yaitu bimbingan kelompok teknik role playing. Layanan bimbingan kelompok cukup efektif dalam membantu siswa memecahkan masalah-masalah dengan melalui kegiatan kelompok. Masalah yang dihadapi bersifat kelompok, yaitu yang dirasakan bersama oleh kelompok atau bersifat individual yaitu dirasakan oleh individu sebagai anggota kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII teknik penarikan sampel menggunakan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket dengan model skala Likert. Hasil uji reliabilitas instrumen kemadirian siswa dalam mengerjakan tugas sebesar 0,903. Data penelitian dianalisis menggunakan Product Moment Pearson Correlation. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dengan korelasi yang diperoleh dari tampilan luaran SPSS model summary 20.00 menunjukkan besarnya hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung = 3,869 dan t_tabel = 1.684 sehingga diperoleh hasil t_hitung>t_tabel (3,869 > 1.684) dengan koefisien korelasi 0,931 yang menunjukkan adanya pengaruh yang positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok teknik role playing dapat memberikan pengaruh terhadap kemadirian siswa dalam mengerjakan tugas kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UMN AL-WASHLIYAH 57 BK 2017 | en_US |
dc.subject | layanan bimbingan kelompok teknik role playing | en_US |
dc.subject | kemadirian siswa dalam mengerjakan tugas. | en_US |
dc.title | PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP SIKAP KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS SEKOLAH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN TA. 2017/2018 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
cover.docx | COVER | 89.36 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
lembar persetujuan.docx | LEMBAR PERSETUJUAN | 10.98 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 14.21 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 11.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 12.13 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 19.36 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 38.17 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 46.76 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 23.87 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 15.05 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 13.14 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Lampiran 1.docx | LAMPIRAN | 143.13 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.