Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1838
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWINARSIH, RINA-
dc.date.accessioned2022-07-27T08:18:31Z-
dc.date.available2022-07-27T08:18:31Z-
dc.date.issued2017-12-19-
dc.identifier.other151484103-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/1838-
dc.description.abstractKemandirian siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar dan mengerjakan tugas sekolah merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena dalam proses belajar dan mengerjakan tugas-tugas dalam sekolah yang diberikan oleh guru kepada siswa membutuhkan kemandirian yang tinggi demi keberhasilan siswa. Jika kemadirian siswa itu rendah maka akan memberikan dampak negatif bagi kualitas belajarnya. Untuk menyikapi itu diterapkanlah layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kemadirian siswa yaitu bimbingan kelompok teknik role playing. Layanan bimbingan kelompok cukup efektif dalam membantu siswa memecahkan masalah-masalah dengan melalui kegiatan kelompok. Masalah yang dihadapi bersifat kelompok, yaitu yang dirasakan bersama oleh kelompok atau bersifat individual yaitu dirasakan oleh individu sebagai anggota kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII teknik penarikan sampel menggunakan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket dengan model skala Likert. Hasil uji reliabilitas instrumen kemadirian siswa dalam mengerjakan tugas sebesar 0,903. Data penelitian dianalisis menggunakan Product Moment Pearson Correlation. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dengan korelasi yang diperoleh dari tampilan luaran SPSS model summary 20.00 menunjukkan besarnya hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung = 3,869 dan t_tabel = 1.684 sehingga diperoleh hasil t_hitung>t_tabel (3,869 > 1.684) dengan koefisien korelasi 0,931 yang menunjukkan adanya pengaruh yang positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok teknik role playing dapat memberikan pengaruh terhadap kemadirian siswa dalam mengerjakan tugas kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 57 BK 2017en_US
dc.subjectlayanan bimbingan kelompok teknik role playingen_US
dc.subjectkemadirian siswa dalam mengerjakan tugas.en_US
dc.titlePENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP SIKAP KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS SEKOLAH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN TA. 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover.docxCOVER89.36 kBMicrosoft Word XMLView/Open
lembar persetujuan.docxLEMBAR PERSETUJUAN10.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI14.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR11.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK12.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I19.36 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II38.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III46.76 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV23.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V15.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA13.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open
Lampiran 1.docxLAMPIRAN143.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.