Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2419
Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA TEMATIK TEMA CUACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS 3 SD |
Authors: | Dara Fitrah Dwi, S.Pd, M.Pd ( PEMBIMBING ) SARI, DWI PUSPITA |
Keywords: | Blended Learning kemampuan pemecahan masalah siswa model pembelajaran |
Issue Date: | 8-Sep-2022 |
Publisher: | UMN AL-WASHLIYAH 73 PGSD 2022 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model blended learning pada tematik dengan menggunakan aplikasi canva terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 75 siswa. Sedangkan yang menjdi sampelnya berjumlah 30 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata prettest untuk kelas eksperimen adalah 55.50 dan pretest untuk kelas kontrol adalah 39.17. Kemudian kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, sehingga diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 77.67 dan kelas kontrol adalah 74.33. Pengujian hipotesisi dilakukan dengan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 6.34>ttabel=2.05 dengan dk=28 dan taraf nyata α =0,05. Dapat dilihat bahwa thitung >ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka kesimpulan penelitian ini bahwa model blended learning dengan aplikasi canva berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran tematik tema cuaca di kelas III sd Negeri 105292 Bandar Klippa. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2419 |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.