Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2461
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBeta Rapita Silalahi, S.Pd., M.Pd ( PEMBIMBING )-
dc.contributor.authorMAINNAH, SITI NUR MUTH-
dc.date.accessioned2023-04-05T08:35:21Z-
dc.date.available2023-04-05T08:35:21Z-
dc.date.issued2022-12-20-
dc.identifier.other181434143-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/2461-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan metode Quasi Experimen (eksperimen semu) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelompok eksperimen (A) dan kelompok kontrol (B). Penelitian ini dilakukan di SDN 018479 air joman baru kabupaten asahan. Populasi dalam penenlitian ini seluruh siswa kelas 1 SDN 018479. Jumlah sampel sebanyak 30 siswa kelas 1 SDN 018479, yaitu 15 siswa kelas 1A (eksperimen) dan 15 siswa 1B (kontrol). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dengan menggunakan pretest (awal pembelajaran) dan posttest (akhir pembelajaran). Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus uji t. Sebelum dilakukan uji t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil perhitungan uji normalitas menggunakan uji Liliefors diperoleh data kelas eksperimen 0,008 < 0,220 dan kelas kontrol -0,097 < 0,220 terlihat bahwa Lo< Ltabel, jadi dapat disimpulkan bahwa kedua sampel kelas berasal dari distribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh data Fhitung = 1,48 < Ftabel = 2,48 maka data hasil belajar tematik siswa dengan menggunakan media gambar dan tidak menggunakan media gambar memiliki varians yang sama atau homogen. Hasil uji t menunjukkan perhitungan diperoleh thitung = 2,73 sedangkan berdasarkan tabel distribusi t untuk dk n1 + n2 – 2 taraf signifikan α = 0,05 diperoleh ttabel = 2,048, karena thitung = 2,73 > ttabel = 2,048 maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media gambar lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang hanya menggunakan buku cetak.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMN AL-WASHLIYAH 112 PGSD 2022en_US
dc.subjectMedia Gambaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectTematiken_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS I DI SDN 018476en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.docxCOVER257.48 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxLEMBAR PERSETUJUAN202.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI25.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR603.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK.docxABSTRAK339.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I24.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II181.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III70.1 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV69 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V25.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA28.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN2.04 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA195.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.