Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3256
Title: PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS V SDN NO 105368 KARANG ANYAR KECAMATAN PEGAJAHAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI SUMATRA UTARA
Other Titles: TESIS
Authors: Siregar, Al Hakam Musthawa
Kartolo, Rahmat
Keywords: Keterampilan
Menulis
Teks Deskripsi
Think Talk Write (TTW)
Issue Date: 20-Jun-2023
Publisher: Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 06 2023 PPS PEND.IND
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa masih rendah dalam menulis teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi teks deskripsi siswa kelas V SDN No 105368 Karang Anyar tanpa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas V SDN No 105368 Karang Anyar Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara dengan menggunakan Think Talk Write (TTW). Dan ketiga, mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas V SDN NO.105368 Karang Anyar Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang digunakan adalah true experimental design dengan rancangan penelitian the randomized posttest only control group. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan sampel data penelitian ini adalah kelas V-A dan V-B SDN No.105368 Karang Anyar yang berjumlah 62 orang. Data dalam penelitian adalah skor tes unjuk kerja menulis teks deskripsi siswa tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) siswa kelas V SDN No.105368 Karang Anyar Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan hasil analisis data terhadap kemampuan menulis teks deskripsi tanpa menggunakan dan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat disimpulkan sebagai berikut. Tingkat kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas V SDN No.105368 Karang Anyar Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara tanpa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) memperoleh nilai rata-rata 62,90 dengan kualifikasi 56-65% yaitu cukup. Tingkat kemampuan menulis teks deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) siswa kelas V SDN No.105368 Karang Anyar Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara memperoleh nilai rata-rata 81,18 dengan klasifikasi 76-85% yaitu baik. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat efektivitas terhadap penggunaan model pembelajarn (TTW) siswa kelas V SDN No.105368 Karang Anyar Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara karena thitung > ttabel (5,59>1,67).
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3256
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK490.16 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA.docxBIODATA269.37 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER401.86 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI30.99 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA30.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR281.54 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN177.87 kBMicrosoft Word XMLView/Open
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TESIS.docxSURAT PERNYATAAN280.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN TESIS.docxTANDA PERSETUJUAN274.98 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx427.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docx452.41 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docx435.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docxBAB IV131.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB V.docx424.65 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.