Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3474
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorArini, Priti Siswi-
dc.contributor.author217015001-
dc.date.accessioned2023-12-28T03:55:29Z-
dc.date.available2023-12-28T03:55:29Z-
dc.date.issued2023-07-13-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3474-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi dengan kemampuan membaca dan menulis menjadi sesuatu yang sangat sulit bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pulau Rakyat. Salah satu media pembelajaran yang penuh dengan permainan yang mengarah pada keaktifan siswa yang bisa dilakukan guru Bahasa Indonesia adalah penggunaan media flashcard. Media flashcard dapat berupa kartu bergambar yang dibawahnya terdapat tulisan yang di desain dengan warna yang menarik sehingga hal ini akan menyenangkan anak, maka anak akan termotivasi untuk belajar. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan tes. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pulau Rakyatdengan menggunakan media flashcard, terlihat kemampuan membaca siswa mengalami kenaikan setiap siklusnya yaitu pada prasiklus ada 8 siswa atau 42%, mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 12 siswa atau 63% dan di akhir siklus II menjadi 17 siswa atau 89% yang tuntas. Begitu juga kemampuan menulis siswa mengalami kenaikan pada setiap siklusnya dimana pada prasiklus ketuntasannya mencapai 9 siswa atau 47% mengalami kenaikan pada siklus I ada 13 siswa atau 69%, dan pada siklus II mengalami kenaikan sebanyak 17 siswa atau 90%. Hasil tersebut ini sudah melampaui indikator yang ditetapkan yaitu 80%. Begitu juga keaktifan siswa terjadi kenaikan dimana pada siklus I ada 10 siswa atau 52% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II sudah mencapai siswa 16 siswa atau 86%. Hasil tersebut sudah mencapai indikator yang ditentukan.en_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 12 2023 PPS PEND.INDen_US
dc.subjectMedia Flash Carden_US
dc.subjectMembacaen_US
dc.subjectMenulisen_US
dc.titlePENGEMBANGAN KOMPETENSI MEMBACA DAN MENULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PULAU RAKYAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023en_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK41.27 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I45.4 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II56.81 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III147.56 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docxBAB IV137.34 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB V.docxBAB V19.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER643.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI38.96 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA14.4 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR95.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docxLAMPIRAN431.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TESIS.docxSURAT PERNYATAAN KEASLIAN TESIS38.12 kBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN TESIS.docxTANDA PERSETUJUAN TESIS42.13 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.