Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3760
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNadia-
dc.contributor.author191434112-
dc.contributor.authorDarwis, Umar-
dc.date.accessioned2024-05-16T08:43:34Z-
dc.date.available2024-05-16T08:43:34Z-
dc.date.issued2023-08-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/3760-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa dalam matematika pecahan di kelas V di SD Negeri 102048 Tanjung Beringin. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data pretest dan posttest diambil dari kedua kelompok dan dianalisis menggunakan uji statistik yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kedua kelompok. Rata-rata skor pretest kelompok eksperimen adalah 44, sedangkan rata-rata skor pretest kelompok kontrol adalah 40. Setelah dilakukan perlakuan menggunakan model pembelajaran Talking Stick, rata-rata skor posttest kelompok eksperimen meningkat menjadi 80, sedangkan rata-rata skor posttest kelompok kontrol adalah 75. Analisis statistik menunjukkan bahwa data hasil belajar siswa pada kedua kelompok, baik pretest maupun posttest, berdistribusi normal. Selain itu, uji homogenitas varian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam variabilitas antara kedua kelompok, menunjukkan homogenitas varian data. Uji beda pasangan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kedua kelompok, menunjukkan bahwa model pembelajaran Talking Stick memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam kedua kelompok. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam matematika pecahan pada kelas V di SD Negeri 102048 Tanjung Beringin. Penelitian ini memberikan implikasi penting dalam pengembangan pendekatan pembelajaran matematika yang efektif dan dapat digunakan sebagai pedoman dalam perbaikan metode pembelajaran di sekolah.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 50 PGSD 2024en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectTalking Sticken_US
dc.subjectSekolah Dasaren_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PECAHAN SISWA KELAS V SD NEGERI 102048 TANJUNG BERINGINen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK INDONESIA.docxABSTRAK INDONESIA14.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open
ABSTRAK INGGRIS.docxABSTRAK INGGRIS500.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docxBAB I23.42 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docxBAB II325.18 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docxBAB III140.58 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docxBAB IV89.72 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB V.docxBAB V16.83 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA327.05 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER61.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR GAMBAR.docxDAFTAR GAMBAR13.32 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI17.35 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR LAMPIRAN.docxDAFTAR LAMPIRAN13.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA16.11 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR TABEL.docxDAFTAR TABEL13.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR30.84 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRA SKRIPSI.docxLAMPIRAN1.8 MBMicrosoft Word XMLView/Open
LEMBAR PERSETUJAN SKRIPSI.docxLEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI285.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.