Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4002
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | RITONGA, ENDAH TRI AGUSTA | - |
dc.contributor.author | 181214036 | - |
dc.contributor.author | Hasibuan, Abdullah | - |
dc.date.accessioned | 2024-08-23T08:09:46Z | - |
dc.date.available | 2024-08-23T08:09:46Z | - |
dc.date.issued | 2023-01-10 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4002 | - |
dc.description.abstract | Selama pembelajaran berlangsung, guru kesulitan dalam menerapkan model pembelajaran keterampilan menulis teks persuasi yang sesuai dengan kondisi siswa sehingga kurang menarik perhatian bagi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menulis teks persuasi di SMP Swasta Al Ittihadiyah. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Al Ittihadiyah Tahun Pembelajaran 2022-2023 yang banyaknya 27 siswa, terdiri dengan siswa laki-laki 12 anak dan siswa perempuan 15 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning dengan media gambar. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Swasta Al Ittihadiyah Tahun Pembelajaran 2022-2023 dalam menulis teks persuasi sebelum menggunakan model problem based learning sangat rendah hal itu telah dibuktikan pada hasil pre-test yang sudah dilakukan peneliti yang mendapatkan sebanyak 15 siswa tidak tuntas. Dan dapat diketahui bahwa penerapan model problem based learning dengan media gambar berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan teks persuasi. Pada siklus I skor rata-rata sebesar 63% dengan kriteria Cukup. Pada siklus II skor rata-rata sebesar 93% dengan kriteria Sangat Baik. Pada hasil belajar siswa setelah menggunakan model problem based learning pada siklus I sebanyak 17 siswa dinyatakan Tuntas. Dan pada siklus II sebanyak 25 orang siswa dinyatakan Tuntas. | en_US |
dc.publisher | KIP UMN Al-WASHLIYAH 07 PEND. B.IND 2024 | en_US |
dc.subject | Persuasi | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning (PBL) | en_US |
dc.subject | Media Gambar | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA AL ITTIHADIYAH TAHUN PEMBELAJARAN 2022-2023 | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 475 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 25.4 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 40.21 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 105.57 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 76.24 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 39.81 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 358.16 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 51.57 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 28.39 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 24.78 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGATAR | 91.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 1.24 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docx | TANDA PERSETUJUAN | 333.77 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.