Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4002
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRITONGA, ENDAH TRI AGUSTA-
dc.contributor.author181214036-
dc.contributor.authorHasibuan, Abdullah-
dc.date.accessioned2024-08-23T08:09:46Z-
dc.date.available2024-08-23T08:09:46Z-
dc.date.issued2023-01-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4002-
dc.description.abstractSelama pembelajaran berlangsung, guru kesulitan dalam menerapkan model pembelajaran keterampilan menulis teks persuasi yang sesuai dengan kondisi siswa sehingga kurang menarik perhatian bagi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menulis teks persuasi di SMP Swasta Al Ittihadiyah. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Al Ittihadiyah Tahun Pembelajaran 2022-2023 yang banyaknya 27 siswa, terdiri dengan siswa laki-laki 12 anak dan siswa perempuan 15 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning dengan media gambar. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Swasta Al Ittihadiyah Tahun Pembelajaran 2022-2023 dalam menulis teks persuasi sebelum menggunakan model problem based learning sangat rendah hal itu telah dibuktikan pada hasil pre-test yang sudah dilakukan peneliti yang mendapatkan sebanyak 15 siswa tidak tuntas. Dan dapat diketahui bahwa penerapan model problem based learning dengan media gambar berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan teks persuasi. Pada siklus I skor rata-rata sebesar 63% dengan kriteria Cukup. Pada siklus II skor rata-rata sebesar 93% dengan kriteria Sangat Baik. Pada hasil belajar siswa setelah menggunakan model problem based learning pada siklus I sebanyak 17 siswa dinyatakan Tuntas. Dan pada siklus II sebanyak 25 orang siswa dinyatakan Tuntas.en_US
dc.publisherKIP UMN Al-WASHLIYAH 07 PEND. B.IND 2024en_US
dc.subjectPersuasien_US
dc.subjectProblem Based Learning (PBL)en_US
dc.subjectMedia Gambaren_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA AL ITTIHADIYAH TAHUN PEMBELAJARAN 2022-2023en_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK475 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I25.4 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II40.21 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III105.57 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV76.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V39.81 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA358.16 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER51.57 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI28.39 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA24.78 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGATAR91.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN1.24 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.docxTANDA PERSETUJUAN333.77 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.