Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4190
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorVebyani, Mona-
dc.contributor.author201434194-
dc.contributor.authorLandong, Ahmad-
dc.date.accessioned2024-09-26T03:42:44Z-
dc.date.available2024-09-26T03:42:44Z-
dc.date.issued2024-07-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4190-
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Validitas bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan model Realistics Mathematics Education (RME). (2) Keefektifan bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan model Realistics Mathematics Education (RME). (3) Kepraktisan bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan model Realistics Mathematics Education (RME). (4) Peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa terhadap bahan ajar yang di kembangkan berbasis etnomatematika menggunakan model Realistics Mathematics Education (RME). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 100615 Sigalangan sebanyak 28 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan model Realistics Mathematics Education (RME). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan persentase kevalidan ditinjau dari 4 aspek yaitu ahli bahan ajar, ahli modul ajar, ahli materi dan tes kemampuan literasi numerasi memperoleh skor rata-rata sebesar 93,49% dengan kategori sangat valid. Untuk keefektifan ditinjau dari 2 aspek yaitu angket respon siswa dan daya serap siswa dengan skor rata-rata perolehan sebesar 95,21%. Lebih lanjut untuk kepraktisan dapat dilihat dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase 3,54% dengan kategori terlaksana dengan baik dan peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa terhadap bahan ajar yang di kembangkan memproleh rata-rata peningkatan sebesar 28%. Dengan demikian bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan model Realistics Mathematics Education (RME) tepat digunakan untuk proses pembelajaran matematika.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 106 PGSD 2024en_US
dc.subjectBahan ajaren_US
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.subjectRealistics Mathematics Education (RME)en_US
dc.subjectliterasi numerasien_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHANAJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA DI SDN 100615 SIGALANGANen_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK721.51 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I137.59 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II1.08 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III261.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV5.64 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V21.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA.docxBIODATA401.36 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER46.75 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI57.38 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA121.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR63.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN8.82 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN319.19 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.