Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4190
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Vebyani, Mona | - |
dc.contributor.author | 201434194 | - |
dc.contributor.author | Landong, Ahmad | - |
dc.date.accessioned | 2024-09-26T03:42:44Z | - |
dc.date.available | 2024-09-26T03:42:44Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-23 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4190 | - |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Validitas bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan model Realistics Mathematics Education (RME). (2) Keefektifan bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan model Realistics Mathematics Education (RME). (3) Kepraktisan bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan model Realistics Mathematics Education (RME). (4) Peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa terhadap bahan ajar yang di kembangkan berbasis etnomatematika menggunakan model Realistics Mathematics Education (RME). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 100615 Sigalangan sebanyak 28 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan model Realistics Mathematics Education (RME). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan persentase kevalidan ditinjau dari 4 aspek yaitu ahli bahan ajar, ahli modul ajar, ahli materi dan tes kemampuan literasi numerasi memperoleh skor rata-rata sebesar 93,49% dengan kategori sangat valid. Untuk keefektifan ditinjau dari 2 aspek yaitu angket respon siswa dan daya serap siswa dengan skor rata-rata perolehan sebesar 95,21%. Lebih lanjut untuk kepraktisan dapat dilihat dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase 3,54% dengan kategori terlaksana dengan baik dan peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa terhadap bahan ajar yang di kembangkan memproleh rata-rata peningkatan sebesar 28%. Dengan demikian bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan model Realistics Mathematics Education (RME) tepat digunakan untuk proses pembelajaran matematika. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 106 PGSD 2024 | en_US |
dc.subject | Bahan ajar | en_US |
dc.subject | Etnomatematika | en_US |
dc.subject | Realistics Mathematics Education (RME) | en_US |
dc.subject | literasi numerasi | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN BAHANAJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA DI SDN 100615 SIGALANGAN | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 721.51 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 137.59 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 1.08 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 261.17 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 5.64 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 21.88 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA.docx | BIODATA | 401.36 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 46.75 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 57.38 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 121.09 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 63.17 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 8.82 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 319.19 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.