Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4227
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNainggolan, Kristina-
dc.contributor.author201324001-
dc.contributor.authorRijal-
dc.date.accessioned2024-10-09T02:52:27Z-
dc.date.available2024-10-09T02:52:27Z-
dc.date.issued2024-07-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4227-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAS Dwiwarna Medan T.A 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif. Lokasi penelitian di SMAS Dwiwarna Medan. Sampling dalam penelitian ini berjumlah 16 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan seperangakat soal tes materi ekonomi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan kurikulum merdeka belajar di SMAS Dwiwarna Medan memiliki kondisi yang cukup baik, hasil yang ada menunjukkan mean (rata-rata) dari variabel X mengenai penerapan kurikulum merdeka belajar di SMAS Dwiwarna Medan dalam kondisi sedang, karena diatas interval (75-80). Artinya pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar berkualifikasi sedang untuk mempengaruhi hasil belajar. Dan untuk hasil belajar ekonomi siswa tergolong sangat bagus. Nilai rata-rata hasil belajar ekonomi siswa SMAS Dwiwarna Medan berada pada rata-rata 51-70 sebanyak 16 siswa yaitu 6,25% dari jumlah sampel. Kenapa 51-70 karena jumlah soal pilihan ganda ada 30 soal Bab II dan Bab III untuk siswa SMAS Dwiwarna Medan. Hal ini berarti rata- rata hasil belajar siswa atau sebagian besar siswa termasuk kualifikasi lulusan amat baik. Berdasarkan analisis data yang sesuai dengan pengujian hipotesis pada penelitian menggunakan uji korelasi biserial dengan hasil nilai signifikansi pengujian data adalah -478 memiliki hubungan yang sangat kuat, dan pada pengujian menggunakan uji T diperoleh hasil t-hitung yang diperoleh sebesar (- 44,53333 lebih besar dari pada t-tabel sebesar 2,160369 (-44,53333 > 2,160369) (t- hitung jatuh pada penolakan Ho). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat “Pengaruh yang signifikan antara Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAS Dwiwarna Medan T.A 2023/2024”.en_US
dc.publisherFKIP UMN Al-WASHLIYAH 05 PENDEK 2024en_US
dc.subjectpenerapan kurikulum merdeka belajaren_US
dc.subjecthasil belajar ekonomien_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA DWIWARNA MEDAN T.A 2023/2024en_US
Appears in Collections:Skripsi Mahasiswa

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK985.49 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I47.57 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II301.18 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III52.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV120.39 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V17.02 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA.docxBIODATA33.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER37.68 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI84.51 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA30.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR18.14 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN1.11 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN698.26 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.