Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4227
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Nainggolan, Kristina | - |
dc.contributor.author | 201324001 | - |
dc.contributor.author | Rijal | - |
dc.date.accessioned | 2024-10-09T02:52:27Z | - |
dc.date.available | 2024-10-09T02:52:27Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-11 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4227 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAS Dwiwarna Medan T.A 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif. Lokasi penelitian di SMAS Dwiwarna Medan. Sampling dalam penelitian ini berjumlah 16 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan seperangakat soal tes materi ekonomi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan kurikulum merdeka belajar di SMAS Dwiwarna Medan memiliki kondisi yang cukup baik, hasil yang ada menunjukkan mean (rata-rata) dari variabel X mengenai penerapan kurikulum merdeka belajar di SMAS Dwiwarna Medan dalam kondisi sedang, karena diatas interval (75-80). Artinya pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar berkualifikasi sedang untuk mempengaruhi hasil belajar. Dan untuk hasil belajar ekonomi siswa tergolong sangat bagus. Nilai rata-rata hasil belajar ekonomi siswa SMAS Dwiwarna Medan berada pada rata-rata 51-70 sebanyak 16 siswa yaitu 6,25% dari jumlah sampel. Kenapa 51-70 karena jumlah soal pilihan ganda ada 30 soal Bab II dan Bab III untuk siswa SMAS Dwiwarna Medan. Hal ini berarti rata- rata hasil belajar siswa atau sebagian besar siswa termasuk kualifikasi lulusan amat baik. Berdasarkan analisis data yang sesuai dengan pengujian hipotesis pada penelitian menggunakan uji korelasi biserial dengan hasil nilai signifikansi pengujian data adalah -478 memiliki hubungan yang sangat kuat, dan pada pengujian menggunakan uji T diperoleh hasil t-hitung yang diperoleh sebesar (- 44,53333 lebih besar dari pada t-tabel sebesar 2,160369 (-44,53333 > 2,160369) (t- hitung jatuh pada penolakan Ho). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat “Pengaruh yang signifikan antara Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAS Dwiwarna Medan T.A 2023/2024”. | en_US |
dc.publisher | FKIP UMN Al-WASHLIYAH 05 PENDEK 2024 | en_US |
dc.subject | penerapan kurikulum merdeka belajar | en_US |
dc.subject | hasil belajar ekonomi | en_US |
dc.title | PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA DWIWARNA MEDAN T.A 2023/2024 | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi Mahasiswa |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 985.49 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 47.57 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 301.18 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 52.3 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 120.39 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 17.02 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA.docx | BIODATA | 33.66 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 37.68 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 84.51 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 30.25 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 18.14 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 1.11 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
LEMBAR PENGESAHAN.docx | LEMBAR PENGESAHAN | 698.26 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.