Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4237
Title: UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI METODE SMALL GROUP DISCUSSION MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERWARNA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PADANG TUALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024
Authors: Nasir, Muhammad
227015003
Kartolo, Rahmat
Keywords: gambar berwarna
keterampilan menulis
teks eksposisi
Issue Date: 25-Jun-2024
Publisher: Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 06 2024 PPS PEND.IND
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X dalam Menulis Teks Eksposisi Melalui Metode Small Group Discussion dengan Menggunakan Media Gambar Berwarna di SMA Negeri 1 Padang Tualang Tahun Pelajaran 2023-2024 pembelajaran 2023-2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks eksposisi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Padang Tualang Tahun Pembelajaran 2023-2024. Hal ini karena pembelajaran pada materi teks Eksposisi venderung masih menggunakan konsep konspensional pembelajaran tanpa berbantu media pembelajaran yang menarik dan berinovasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diterapkan dalam dua siklus dari 3 siklus yang merupakan standar dalam penelitian tindakan kelas.Apabila dalam penerapan dua siklus telah terjadi peningkatan maka penelitian ini sampai hanya pada siklus ke 2, tetapi jika dalam penerapan siklus ke satu dan kedua ada ketidaktercapaian setelah di refleksi maka pelaksanaan siklus 3 akan dilakukan untuk memperoleh gambaran keberhasilan pada siklus yang telah direncanakan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Padang Tualang yang berjumlah 286 siswa, sampel penelitian ini berjumlah 70 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis teks surat dinas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan dapat diketahui bahwa yang tertinggi dicapai siswa dalam kemampuan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan media pembelajaran gambar berwarna (pre-test) adalah 79 dan nilai terendahnya adalah 50 kategori sangat kurang sedangkan nilai tertinggi yang dicapai siswa dalam kemampuan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan media pembelajaran gambar berwarna adalah 98 dan nilai terendahnya adalah 88 dalam kategori sangat baik.Maka dapat disimpulkan penelitian ini telah mampu meningkatkan siswa kelas X SMA Padang Tualang Tahun Pembelajaran 2023-2024 dalam menulis teks Eksposisi, hal ini dibuktikan dengan kecapaian Kriteria Minimal dari 70 naik menjadi 85 setelah di lakukan penelitian ini menggunakan media gambar berwarna.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4237
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK2.46 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA324.06 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER321.92 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI26.24 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA21 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR679.16 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN3.4 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
SURAT PERNYATAAN.docxSURAT PERNYATAAN2.36 MBMicrosoft Word XMLView/Open
TANDA PERSETUJUAN TESIS.docxTANDA PERSETUJUAN TESIS1.37 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx509.54 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB II.docx711.54 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB III.docx490.74 kBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV92.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx422.25 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.