Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4237
Title: | UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI METODE SMALL GROUP DISCUSSION MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERWARNA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PADANG TUALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024 |
Authors: | Nasir, Muhammad 227015003 Kartolo, Rahmat |
Keywords: | gambar berwarna keterampilan menulis teks eksposisi |
Issue Date: | 25-Jun-2024 |
Publisher: | Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 06 2024 PPS PEND.IND |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X dalam Menulis Teks Eksposisi Melalui Metode Small Group Discussion dengan Menggunakan Media Gambar Berwarna di SMA Negeri 1 Padang Tualang Tahun Pelajaran 2023-2024 pembelajaran 2023-2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks eksposisi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Padang Tualang Tahun Pembelajaran 2023-2024. Hal ini karena pembelajaran pada materi teks Eksposisi venderung masih menggunakan konsep konspensional pembelajaran tanpa berbantu media pembelajaran yang menarik dan berinovasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diterapkan dalam dua siklus dari 3 siklus yang merupakan standar dalam penelitian tindakan kelas.Apabila dalam penerapan dua siklus telah terjadi peningkatan maka penelitian ini sampai hanya pada siklus ke 2, tetapi jika dalam penerapan siklus ke satu dan kedua ada ketidaktercapaian setelah di refleksi maka pelaksanaan siklus 3 akan dilakukan untuk memperoleh gambaran keberhasilan pada siklus yang telah direncanakan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Padang Tualang yang berjumlah 286 siswa, sampel penelitian ini berjumlah 70 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis teks surat dinas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan dapat diketahui bahwa yang tertinggi dicapai siswa dalam kemampuan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan media pembelajaran gambar berwarna (pre-test) adalah 79 dan nilai terendahnya adalah 50 kategori sangat kurang sedangkan nilai tertinggi yang dicapai siswa dalam kemampuan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan media pembelajaran gambar berwarna adalah 98 dan nilai terendahnya adalah 88 dalam kategori sangat baik.Maka dapat disimpulkan penelitian ini telah mampu meningkatkan siswa kelas X SMA Padang Tualang Tahun Pembelajaran 2023-2024 dalam menulis teks Eksposisi, hal ini dibuktikan dengan kecapaian Kriteria Minimal dari 70 naik menjadi 85 setelah di lakukan penelitian ini menggunakan media gambar berwarna. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4237 |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 2.46 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 75.69 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 190.4 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 71.19 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 92.94 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 22.6 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 324.06 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 321.92 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 26.24 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 21 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 679.16 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 3.4 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
SURAT PERNYATAAN.docx | SURAT PERNYATAAN | 2.36 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
TANDA PERSETUJUAN TESIS.docx | TANDA PERSETUJUAN TESIS | 1.37 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.