Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4265
Title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETHNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Authors: Dewi, Siska Erika
201114010
Bahri, Saiful
Keywords: Bahan ajar
Ethnomatematika
kemampuan pemecahan masalah matematis
Issue Date: 4-Jul-2024
Publisher: FKIP UMN AL WASHLIYAH 20 PEND. MM 2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis ethnomatematika jajanan pasar khas banjar yang valid, praktis dan efektif dan untuk mengetahui apakah bahan ajar yang dikembangkan terjadi peningkatan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs AS-Sakinah. Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar yang memuat materi kubus dan balok. Model penelitian pengembangan yang digunakan peneliti yaitu ADDIE yang meliputi Analisis (Analisis), Desaign (Desaign), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebannyak 33 siswa di MTs ASSakinah Tanah Raja dan objek penelitian ini adalah Bahan Ajar berbasis Ethnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar uji validitas, lembar kepraktisan, soal pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah teknk analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Hasil uji validitas bahan ajar berbasis ethnomatematika untuk meningkatkan kemmapuan pemecahan dikatakan efektif dengan melihat dari hasil respon para ahli validator dengan skor rata-rata 92.7% dengan kriteria sangat valid, bahan ajar dikatakan praktisan dengan melihat hasil respon guru dan siswa dengan skor rata-rata 86.2, bahan ajar dikatakan efektifan dengan melihat dari hasil nilai siswa setelah diberikan uji coba bahan ajar dengan memperoleh rata-rata nilai posttest yaitu 90 dan nilai N-Gain siswa dengan rata-rata tuntas . (2) Pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mendapatkan peningkatan dengan memperoleh nilai n-gain yaitu 0,77 dan hasil Sig 0,00 yaitu kurang dari 0,05 yang menyatakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan terdapat peningkatan pengembangan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
URI: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4265
Appears in Collections:PENDIDIKAN MATEMATIKA

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A. COVER.docxCOVER163.58 kBMicrosoft Word XMLView/Open
B. LEMBAR PENGESAHAN.docxLEMBAR PENGESAHAN166.08 kBMicrosoft Word XMLView/Open
C. KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR217.6 kBMicrosoft Word XMLView/Open
D. DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI24.03 kBMicrosoft Word XMLView/Open
E. ABSTRAK.docxABSTRAK240.94 kBMicrosoft Word XMLView/Open
F. BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I77.79 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
G. BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II330.76 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
H. BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III77.07 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
I. BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV3.71 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
J. BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V22.65 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
K. DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA27.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open
L. LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN7.17 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
M. BIODATA.docxBIODATA196.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.