Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4278
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Ulfa, Aulia | - |
dc.contributor.author | 227015005 | - |
dc.contributor.author | Risnawaty | - |
dc.date.accessioned | 2024-10-31T07:48:18Z | - |
dc.date.available | 2024-10-31T07:48:18Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-02 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4278 | - |
dc.description.abstract | Media atau instrumen evaluasi merupakan sarana untuk mengukur dan menilai sejauh mana materi pembelajaran disampaikan kepada siswa. Hasil survei menunjukkan bahwa guru belum memanfaatkan alat evaluasi secara optimal dalam menilai kemajuan siswa. Mereka masih mengandalkan ujian kertas sebagai metode penilaian utama. Sehingga dibutuhkan media evaluasi yang dapat merangsang pemikiran kritis siswa. Mengikuti perkembangan teknologi dalam pendidikan, peneliti telah mengembangkan modul pembelajaran dan menggunakan aplikasi Kahoot sebagai alat evaluasi, memanfaatkan infrastruktur teknologi yang tersedia di sekolah seperti komputer dan jaringan Wi-Fi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana kelayakan mudul ajar menggunakan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar siswa dan bagaimana respon peserta didik terhadap modul ajar yang akan dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan instrumen tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan angket. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, angket respon penilaian peserta didik dan analisis butir soal. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan perolehan rata-rata sebesar 4,2 dengan kriteria baik. Hasil validasi dari ahli bahasa mendapatkan perolehan rata-rata sebesar 3,9 dengan kategori baik. Validitas dari hasil uji coba diperolah uji coba pertama dengan soal post test, reliabilitas yang diperoleh pada tahap pertama sebesar 65,1% dengan kategori cukup. Pada penilaian peserta didik memperoleh persentase akhir sebesar 88,1% dengan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa modul ajar teks eksposisi menggunakan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar siswa yang dikembangkan sangat layak sebagai media evaluasi yang baik digunakan dalam pembelajaran teks eksposisi. | en_US |
dc.publisher | Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 07 2024 PPS PEND.IND | en_US |
dc.subject | Evaluasi | en_US |
dc.subject | Modul Ajar | en_US |
dc.subject | Kahoot | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MODUL AJAR TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024 | en_US |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.docx | ABSTRAK | 2.12 MB | Microsoft Word XML | View/Open |
BAB I.docx Restricted Access | BAB I | 45.93 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB II.docx Restricted Access | BAB II | 64.09 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB III.docx Restricted Access | BAB III | 90.3 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB IV.docx Restricted Access | BAB IV | 3.02 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BAB V.docx Restricted Access | BAB V | 32.19 kB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
BIODATA MAHASISWA.docx | BIODATA MAHASISWA | 189.17 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.docx | COVER | 455.88 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR ISI.docx | DAFTAR ISI | 39.66 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.docx | DAFTAR PUSTAKA | 35.97 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
KATA PENGANTAR.docx | KATA PENGANTAR | 209.02 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
LAMPIRAN.docx Restricted Access | LAMPIRAN | 10.03 MB | Microsoft Word XML | View/Open Request a copy |
TANDA PERSETUJUAN.docx | TANDA PERSETUJUAN | 213.43 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.