Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4278
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorUlfa, Aulia-
dc.contributor.author227015005-
dc.contributor.authorRisnawaty-
dc.date.accessioned2024-10-31T07:48:18Z-
dc.date.available2024-10-31T07:48:18Z-
dc.date.issued2024-07-02-
dc.identifier.urihttp://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4278-
dc.description.abstractMedia atau instrumen evaluasi merupakan sarana untuk mengukur dan menilai sejauh mana materi pembelajaran disampaikan kepada siswa. Hasil survei menunjukkan bahwa guru belum memanfaatkan alat evaluasi secara optimal dalam menilai kemajuan siswa. Mereka masih mengandalkan ujian kertas sebagai metode penilaian utama. Sehingga dibutuhkan media evaluasi yang dapat merangsang pemikiran kritis siswa. Mengikuti perkembangan teknologi dalam pendidikan, peneliti telah mengembangkan modul pembelajaran dan menggunakan aplikasi Kahoot sebagai alat evaluasi, memanfaatkan infrastruktur teknologi yang tersedia di sekolah seperti komputer dan jaringan Wi-Fi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana kelayakan mudul ajar menggunakan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar siswa dan bagaimana respon peserta didik terhadap modul ajar yang akan dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan instrumen tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan angket. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, angket respon penilaian peserta didik dan analisis butir soal. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan perolehan rata-rata sebesar 4,2 dengan kriteria baik. Hasil validasi dari ahli bahasa mendapatkan perolehan rata-rata sebesar 3,9 dengan kategori baik. Validitas dari hasil uji coba diperolah uji coba pertama dengan soal post test, reliabilitas yang diperoleh pada tahap pertama sebesar 65,1% dengan kategori cukup. Pada penilaian peserta didik memperoleh persentase akhir sebesar 88,1% dengan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa modul ajar teks eksposisi menggunakan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar siswa yang dikembangkan sangat layak sebagai media evaluasi yang baik digunakan dalam pembelajaran teks eksposisi.en_US
dc.publisherPascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 07 2024 PPS PEND.INDen_US
dc.subjectEvaluasien_US
dc.subjectModul Ajaren_US
dc.subjectKahooten_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODUL AJAR TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024en_US
Appears in Collections:TESIS

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.docxABSTRAK2.12 MBMicrosoft Word XMLView/Open
BAB I.docx
  Restricted Access
BAB I45.93 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB II.docx
  Restricted Access
BAB II64.09 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB III.docx
  Restricted Access
BAB III90.3 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB IV.docx
  Restricted Access
BAB IV3.02 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BAB V.docx
  Restricted Access
BAB V32.19 kBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
BIODATA MAHASISWA.docxBIODATA MAHASISWA189.17 kBMicrosoft Word XMLView/Open
COVER.docxCOVER455.88 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR ISI.docxDAFTAR ISI39.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open
DAFTAR PUSTAKA.docxDAFTAR PUSTAKA35.97 kBMicrosoft Word XMLView/Open
KATA PENGANTAR.docxKATA PENGANTAR209.02 kBMicrosoft Word XMLView/Open
LAMPIRAN.docx
  Restricted Access
LAMPIRAN10.03 MBMicrosoft Word XMLView/Open Request a copy
TANDA PERSETUJUAN.docxTANDA PERSETUJUAN213.43 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.