Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4285
Title: | PENERAPAN MODEL KONTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN PEMBENDAHARAAN KOSAKATA DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS III UPT SPF SEKOLAH DASAR NEGERI NOMOR 104244 JATI SARI LUBUK PAKAM KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024 |
Authors: | Atmaja, Indah Sulistia Wardana 227015010 Sutikno |
Keywords: | Model Pembelajaran Konstruktivisme Gagnon dan Collay Media Koran Peningkatan Perbendaharaan Kata Komunikasi Publik |
Issue Date: | 25-Jun-2024 |
Publisher: | Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 11 2024 PPS PEND.IND |
Abstract: | Diketahui banyaknya siswa yang merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran mengenai kosakata dalam berbahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk (1) untuk mengetahui apakah dengan penerapan model kontruktivisme Gagnon dan Collay dapat meningkatkan perbendaharaan kata siswa kelas III UPT SPF Sekolah Dasar Negeri Nomor 104244 Jati Sari Lubuk Pakam dengan menggunakan media koran. (2) Untuk mengetahui ada interaksi penerapan model kontruktivisme Gagnon dan Collay dengan perbendaharaan kata. (3).Untuk mengetahui apakah dengan penerapan model kontruktivisme Gagnon dan Collay dapat meningkatkan komunikasi publik siswa kelas III UPT SPF Sekolah Dasar Negeri Nomor 104244 Jati Sari Lubuk Pakam dengan menggunakan media koran. (4) Untuk mengetahui ada interaksi penerapan model kontruktivisme Gagnon dan Collay dengan komunikasi publik. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas III UPT SPF Sekolah Dasar Negeri Nomor 104244 Jati Sari Lubuk Pakam. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik Test Essay dan Observasi. Hasil penelitiannya diperoleh: (1) hipotesis pertama dalam proses perbendaharaan kata diperoleh kesimpulan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu penerapan model kontruktivisme Gagnon dan Collay dapat meningkatkan perbendaharaan kata siswa kelas III UPT SPF SDN No 104244 Jati Sari dengan menggunakan media koran.(2) Hipotesis kedua dalam proses perbendaharaan kata diperoleh kesimpulan hipotesis nihil (Ho) diterima yaitu tidak terdapat interaksi penerapan model kontruktivisme Gagnon dan Collay dengan perbendaharaan kata. (3) Hipotesis ketiga dalam proses komunikasi publik diperoleh kesimpulan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu penerapan model kontruktivisme Gagnon dan Collay dapat meningkatkan komunikasi publik siswa kelas III UPT SPF SDN No. 104244 Jati Sari dengan menggunakan media koran.(4) Hipotesis keempat dalam proses komunikasi publik diperoleh kesimpulan hipotesis nihil (Ho) diterima yaitu tidak terdapat interaksi penerapan model kontruktivisme Gagnon dan Collay dengan komunikasi publik. |
URI: | http://repository.umnaw.ac.id/jspui/handle/123456789/4285 |
Appears in Collections: | TESIS |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.doc | ABSTRAK | 409 kB | Microsoft Word | View/Open |
BIODATA_MAHASISWA INDAH.docx | BIODATA MAHASISWA | 53.99 kB | Microsoft Word XML | View/Open |
COVER.doc | COVER | 400.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR ISI.doc | DAFTAR ISI | 49 kB | Microsoft Word | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.doc | DAFTAR PUSTAKA | 49.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
KATA PENGANTAR.doc | KATA PENGANTAR | 112.5 kB | Microsoft Word | View/Open |
Lampiran.doc Restricted Access | Lampiran | 1.3 MB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
SURAT PERNYATAAN.doc | SURAT PERNYATAAN | 300 kB | Microsoft Word | View/Open |
Lampiran.pdf | 1.2 MB | Adobe PDF | View/Open | |
BAB I.doc | 472.5 kB | Microsoft Word | View/Open | |
BAB II.doc | 535.5 kB | Microsoft Word | View/Open | |
BAB III.doc | 471 kB | Microsoft Word | View/Open | |
BAB IV.doc Restricted Access | BAB IV | 315.5 kB | Microsoft Word | View/Open Request a copy |
BAB V.doc | 443 kB | Microsoft Word | View/Open | |
TANDA PERSETUJUAN TESIS | 62.07 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.